FIVE LAWS OF LIBRARY SCIENCE: SEBUAH PEMIKIRAN YANG DINAMIS DARI RANGANATHAN

Rohana Rohana, Iwin Adryawin

Abstract


Fokus penelitian ini adalah pemikiran Ranganathan mengenai konsep dasar
perpustakaan yang dikenal dengan Lima Hukum Ilmu Perpustakaan dari Ranganathan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran ilmu perpustakaan dari tokoh Ranganathan sebagai pijakan dalam implementasi dan pengembangan perpustakaan ke depan. Metode penelitian menggunakan library research (penelitian literatur) dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat. Kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi.

Hasil penelitian ini adalah Konsep Five Laws of Library Science Ranganathan
merupakan konsep yang dinamis, bukan sesuatu yang sudah sempurna dan final. Oleh karenanya, hukum Ranganathan tersebut harus senantiasa dikaji dan dikembangkan menurut kebutuhan dan visi, serta misi perpustakaan itu sendiri. Lima Hukum tersebut adalah 1. Books are for use (buku untuk dimanfaatkan). 2. Every reader his book (setiap pembaca terdapat bukunya). 3. Every book its reader (setiap buku terdapat pembacanya). 4. Save the time of the reader (hemat waktu pembaca). 5. A library is a growing organism (perpustakaan adalah organisme yang berkembang).

Kata Kunci: Ranganathan, Ilmu Perpustakaan




Full Text:

PDF

References


Kabir, Abulfazal M. Fazle, “Ranganathan: A Universal Librarian” dalam Journal of Educational Media & Library Science, 40: 4

(June 2003.

Ranganathan, Shiyali R.amamrita. The Five Laws of Library Science. (London: Edward Goldston, Ltd,; Madras: Madras Library Association, 1993).

Sen, B K, “Ranganathan’s Fife Laws” dalam Annals of Library and

nformation Studies, Vol, 55, June 2008, pp. 87-90.

Sri Rohyanti Zulaikha, “Kontribusi S.R. Ranganathan dalam Perkembangan Ilmu Perpustakaan Dewasa Ini” dalam Fihris

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol. III No. 1 (Januari-Juni 2008), (Yogyakarta: Jurusan IPI Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2008).

Syihabuddin Qalyubi dkk., Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, (Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Fakultas Adab, 2007).

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan,

(Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka

Utama, 1993).




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v1i1.1498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: