DAMPAK USER EDUCATION TERHADAP PENGGUNAAN MATERI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
Abstract
ABSTRAK:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan pengguna terhadap pemanfaatan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan mengenai pengaruh pendidikan pengguna terhadap pemanfaatan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan untuk pengembangan perpustakaan menjadi lebih baik lagi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menunjukkan pengaruh terhadap variabel terikat. Jumlah sampel 30 orang, menggunakan teknik Accidental Sampling dengan alasan populasi dianggap homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi; observasi, penyebaran kuesinoer, dan dokumentasi. Teknik analisis pengolahan data dalam penelitian ini yaitu editing dan tabulasi. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan bantuan program SPSS version 16 for windows, dan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh pendidikan pengguna terhadap pemanfaatan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang sebesar 14,9%. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi pemanfaatan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang salah satunya adalah karena kebutuhan akan tugas-tugas kuliah. Selain itu kesadaran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi menjadikan faktor pemanfaatan bahan pustaka. Di samping itu faktor lain pemanfaatan bahan pustaka adalah sebagai sarana hiburan.
Kata Kunci:
- 1. User education
- Materi Perpustakaan
- Perpustakaan Perguruan Tinggi
ABSTRACT.
The aim of this research is to determine the influence of user education on the use of library materials at the Brawijaya University Malang Library as well as the factors that influence the use of library materials at the Brawijaya University Malang Library. It is hoped that the benefits of this research can provide input regarding the influence of user education on the use of library materials in the Brawijaya University Malang Library so that it can be taken into consideration in determining policies for better library development. The research method used in this research is quantitative, that is, this research was carried out with the aim of showing the effect on the dependent variable. The total sample was 30 people, using the Accidental Sampling technique because the population was considered homogeneous. Data collection techniques used by researchers include; observation, distribution of questionnaires, and documentation. The data processing analysis techniques in this research are editing and tabulation. The research results were calculated using the SPSS version 16 for Windows program, and the results obtained were that there was an influence of user education on the use of library materials in the Brawijaya University Malang Library of 14.9%. There are other factors that influence the use of library materials at the Brawijaya University Malang Library, one of which is the need for course assignments. Apart from that, awareness of obtaining knowledge and information is a factor in the use of library materials. Apart from that, another factor in the use of library materials is as a means of entertainment.
Keywords:
1. User education
2. Library Materials
3. College Library
Full Text:
PDF (97-110)References
Afifatunnisa, F. L., & Padjadjaran, U. (2022). Menciptakan Layanan Perpustakaan Yang “User Friendly.” March.
Agastya, I. K. E., Putu, N., Haryanti, P., Titah, P., & Resen, K. (2023). PEMANFAATAN KOLEKSI REFERENSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER INDONESIA ( STIKI ) DENPASAR. 3(1), 28–33.
Aidilla Qurotianti. (2023). Keunggulan Buku Cetak vs E-Book : Selera Membaca Gen Z di Era Digital. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://library.umy.ac.id/news/detail/582/Keunggulan-Buku-Cetak-vs-E-Book
Effendi, M. N., Hajiannor, & Wahdah, S. (2019). Evaluasi Pendidikan Pemakai (User Education) Dalam Meningkatkan Pemanfaatan Perpustakaan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(14), 29–53.
Febrianti, B. R. (2019). Pendidikan Pemakai (User Education) Bagi Mahasiswa Baru di Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 35(1), 015–022.
Hariyati, M., & Puspita, E. (2022). Manajemen Layanan Perpustakaan : Kinerja Pustakawan , Fasilitas dan Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan FKIP Universitas Jambi. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 4(1), 30–41.
Herwanto, E. (2020). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Keterbukaan Informasi. Universitas Jambi. https://www.unja.ac.id/peran-perpustakaan-perguruan-tinggi-di-era-keterbukaan-informasi/
Izzah, D. K. (2021). Tingkat Keberhasilan Program Pendidikan Pengguna (User Education) di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 28–36. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26819
Maharani, A. (2022). Faktor Pendorong Minat Kunjungan Mahasiswa Terhadap Perpustakaan Nasional. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 179. https://doi.org/10.17977/um008v6i22022p179-190
Muhammad Adly CK Saraan. (2019). Layanan Pendidikan Pengguna (User Education Service). Perpustakaan Universitas Medan Area. https://perpustakaan.uma.ac.id/layanan-pendidikan-pengguna-user-education-service/
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3
Nurjito. (2020). Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) Di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kabupaten Magelang. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 100–107. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art2
Radiya Wira Buwana. (2021). Studi Analisis Pelaksanaan User Education di Perpustakaan IAIN Kudus Tahun Akademik 2021/2022. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(2), 115–124. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss2.art4
Rendi Nur Hermawanto. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Kantor Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, XI(5), 518–534. https://doi.org/https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17545
Rice, J. (1981). Teaching Library Use a Guide for Library Instruction. Greenwood Press.
Saleh, A. R. (2022). Manajemen Perpustakaan : 1-9 / PUST4206 / 3 SKS. 1–42. Universitas Terbuka
Sri Anawati. (2017). Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah, 3(1), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpi.v3i1.33644
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwarno. (2019). Pendidikan Pemakai Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. https://lib.polines.ac.id/index.php/artikel/157-pendidikan-pemakai-perpustakaan-perguruan-tinggi
Zainullah Ahmad. (2021). Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah Di Era Global. 1–15.
DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v6i1.19676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: