ACTION RESEARCH TENTANG STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DI PERPUSTAKAAN SMP IT ANUGRAH HIDAYAH MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi strategi promosi perpustakaan melalui media sosial instagram dalam bentuk penelitian action research. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian tindakan, artinya peneliti sendiri akan ikut serta dalam implementasi strategi promosi Perpustakaan SMP IT Anugrah Hidayah melalui media sosial instagram. Peneliti menggunakan model penelitian action research berdasarkan rumus Kemmis dan McTeggart, yaitu dengan mengikuti siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Adapun hasil penelitain menunjukkan, Perpustakaan SMP IT Anugrah Hidayah Kota Makassar menggunakan Instagram sebagai sarana untuk promosi jasa dan informasi sehingga menjangkau lingkungan sekolah khususnya bagi siswa, guru dan tenaga pendidik. Perencanaan promosi dasar untuk promosi Perpustakaan SMP IT Anugrah Hidayah Kota Makassar melalui media sosial Instagram meliputi logo, informasi waktu pelayanan, koleksi perpustakaan dan dokumentasi kegiatan. Adapun desain final konten Instagram promosi Perpustakaan SMP IT Anugrah Hidayah Kota Makassar yang meliputi desain logo, tampilan beranda, tampilan feed, desain postingan koleksi bahan pustaka, desain dokumentasi kegiatan perpustakaan, desain tata tertib perpustakaan, desain jenis layanan perpustakaan dan desain jenis koleksi Perpustakaan SMP IT Anugrah Hidayah.
Full Text:
PDF (20-34)References
Andriansyah, F. & Christiani, L. Efektivitas Interlibrary Loan Dengan Metode Bulk Loan System Bagi Perpustakaan Sekolah Anggota Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS) Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2).
Apsari, A. W., Kurniawan, A. T. & Hermintoyo. Analisis Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Nasional (Studi Kasus di SMPN 1 Ungaran). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1).
Auspicy, A., Chairunnisa, Salsabila S. & M. T. K. Strategi Pengembangan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Perpustakaan Cahaya Aksara SMA N 5 Pekanbaru. JURRIBAH: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1).
A'yunin, N. A. Q. Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Melalui Media Sosial. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 10(1).
Kemmis, S. & McTeggart, R. The Action Research Planner. The Action Research Planner, 7(2).
Kholili, M. A., Hariyanto, W. & Mudawamah, N. S. Strategi Promosi di Perpustakaan STIQSI (Sekolah Tinggi Ilmu AlQur’an Dan Sains Al-I. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(1).
Khotijah, E. B. N., Koerniawati, T. & Lestari, E.S. Pengaruh Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Instagram terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10(1).
Krismayani, I. Analisis Kesesuaian Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah Terhadap Ketentuan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas. ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan dan Informasi, 3(2).
Latif, A. A. Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya). Nautical: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(9).
Melamanda, Y. & Primadesi, Y. Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 4(1).
Mustofa. Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Jurnal Publis, 1(2).
Purwanti, E. F. D. Strategi Pustakawan dengan Memanfaatkan Instagram sebagai Media Promosi Perpustakaan SMK N 1 Gombong. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(3).
Putra, E. A. & Arfa, M. Promosi Perpustakaan Sekolah Menggunakan Powtoon di SMA Hidayatullah Semarang. ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan dan Informasi, 4(4).
Setiawan, R & Husna, J. Perancangan Media Promosi dalam Bentuk Poster dan Brosur Perpustakaan Sekolah: Kaji Tindak Perpustakaan SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1).
Trihandayani, R. & Sudiar, N. Promosi Perpustakaan dalam Minat Kunjung di Sekolah Dasar Negri 10 Minas. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(8).
Yenianti, I. Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial di Perpustakaan IAIN Salatiga. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v6i1.21743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: