REPRESENTASI ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI SEBAGAI WUJUD CULTURAL DIVERSITY

Okta Reni Azrina RA, Firly Hidayat, Ida Farida, Rahmat Iqbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap bahwa Islam bukan hanya dipandang sebagai keyakinan atau agama, tetapi juga direpresentasikan dalam pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Objek penelitian pada dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Metode penelitian kualitatif dengan kajian literatur, bersumber dari buku, artikel jurnal, dan situs web yang membahas representasi Islam dalam perkembangan pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia dan Malaysia. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi bentuk representasi dalam kebijakan, kurikulum, dan praktik pengelolaan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Indonesia, representasi Islam terlihat pada nomenklatur program studi, kurikulum dengan mata kuliah terkait, serta kebijakan strategis seperti pedoman klasifikasi, tajuk subjek, dan standar pengelolaan perpustakaan berbasis Islam. Di Malaysia, representasi tampak pada integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum, pengembangan perpustakaan masjid sebagai pusat pembelajaran, dan kebijakan universitas yang menekankan kajian literatur Islam. Kedua negara menunjukkan peran penting nilai-nilai Islam dalam membentuk identitas pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi sekaligus mencerminkan keberagaman budaya (cultural diversity). Implikasi temuan ini diharapkan menjadi rujukan untuk mengidentifikasi peluang dan kekuatan dalam pengembangan pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di negara dengan komunitas muslim besar.

 

 


References


Ahmad, N., & Salleh, N. (2023). Integration of Islamic moderation values in Library and Information Science curriculum: A Malaysian perspective. Malaysian Journal of Library & Information Science, 28(1), 45–60.

Al-Farisi, M., & Saifullah, A. (2019). Islamic perspective on knowledge and information ethics. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1), 15–28.

Alfouzan, F. A., Alharbi, S. H., & Aldhubayi, A. H. (2024). A bibliometric analysis of Library and Information Science research with religious values. Journal of Librarianship and Information Science, 57(2), 145–165.

Banks, J. A. (2009). Multicultural education: Issues and perspectives (7th (ed.)). John Wiley & Sons.

Boukhers, Z., & Yang, J. (2024). Enhancing cultural heritage metadata using AI-driven physical attribute extraction. International Journal of Digital Libraries, 26(1), 14–29.

Center, P. R. (2019). The future of world religions: Population growth projections, 2015–2060. Pew Research Center.

Center, P. R. (2020). Global Muslim population. Pew Research Center.

El-Sherbiny, H., & Albarqi, S. (2018). Cultural and religious values in information services: An analytical study. International Journal of Information Management, 39, 121–129.

Gallup. (2018). Gallup World Poll. Gallup, Inc. https://www.gallup.com/analytics/232838/world-poll.aspx

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. In Culture, Media, and Identities Series. Sage Publications.

Hidayat, F., & Aisyah, S. (2020). Integrasi nilai Islam dalam kurikulum Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. Al-Maktabah, 19(2), 101–114.

Hofhuis, J. (2023). Cultural diversity and value integration in organizations. International Journal of Intercultural Relations, 92, 101–115. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2007.09.003

Indonesia, K. A. R. (2019a). Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No. 451 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Perpustakaan Masjid. https://jdih.kemenag.go.id/

Indonesia, K. A. R. (2019b). Pedoman klasifikasi dan tajuk subjek perpustakaan berbasis Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Indonesia, P. N. R. (2020a). Laporan Pengembangan Perpustakaan Masjid. https://perpusnas.go.id/

Indonesia, P. N. R. (2020b). Laporan pengembangan perpustakaan masjid di Indonesia. Perpusnas RI.

Jakarta, U. I. N. S. H. (2024). Profil UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Jakarta. https://www.uinjkt.ac.id

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th (ed.)). SAGE Publications.

Laluna, Smith, J., & Wong, L. (2024). Culturally Responsive Teaching and Student Engagement in Higher Education. International Journal of Multicultural Education, 26(2), 145–167. https://doi.org/10.54097/v70d9656

Lui, K. (2022). Sustaining cultural values in open science and multicultural research. Journal of Cross-Cultural Psychology, 53, 451–469. https://doi.org/10.1037/cdp0000541

Malaysia, D. of S. (2020). Population distribution and basic demographic characteristics. DOSM.

Malaysia, I. I. U. (2024). International Islamic University Malaysia (IIUM). IIUM. https://www.iium.edu.my

Malaysia, M. N. (2022). Perpustakaan Digital Masjid Negara Kuala Lumpur. https://www.masjidnegara.gov.my/

Malaysia, P. N. (2022). Garis panduan perpustakaan masjid. PNM.

Malaysia, U. (2022). Perpustakaan Masjid Negara tawar akses digital literatur Islam. https://www.utusan.com.my/

MARA, U. T. (2024). Universiti Teknologi MARA (UiTM). UiTM. https://www.uitm.edu.my

Nurdin, M. (2024). The role of university libraries in shaping Islamic identity of students: A case study in Malaysia. Library Philosophy and Practice, 2024(1), 1–15.

Robertson, R. (1995). Glocalization: Time-Space and Homogeneity‑Heterogeneity. In M. Featherstone, S. Lash, & R. Robertson (Eds.), Global Modernities (pp. 25–54). Sage Publications.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

UNESCO. (2022). Media and Information Literacy Curriculum for Teachers. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000376703

Wahid, A. (2024). Exploring the intersection of Islam and digital technology. Journal of Information Science, 50(2), 215–230. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101085

Yogyakarta, U. I. N. S. K. (2024). Profil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. https://uin-suka.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i2.27094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: