EFEKTIVITAS LAYANAN RUANG BACA ANAK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ENREKANG

Naharuddin Naharuddin, Syahdan Syahdan, Karmila Pare Allo, Ismaya Ismaya, Imam Akbar

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas layanan ruang baca anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang, khususnya setelah layanan dipindahkan ke Perpustakaan Ibu dan Anak. Sebelumnya, ruang baca anak terletak di lantai tiga gedung Dinas Perpustakaan dengan akses yang sulit dan fasilitas terbatas. Pemindahan ini bertujuan menyediakan lingkungan yang lebih ramah, luas, dan menarik, dengan koleksi buku yang lebih variatif serta fasilitas edukatif yang lebih baik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengevaluasi kondisi layanan, mengidentifikasi kendala, serta merumuskan strategi pengembangan layanan yang inovatif dan ramah anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpindahan layanan meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan, namun masih terdapat kendala seperti terbatasnya variasi koleksi buku dan alat permainan edukatif. Rekomendasi penelitian meliputi peningkatan koleksi bahan bacaan, penambahan alat peraga edukatif, serta pelibatan aktif orang tua dalam kegiatan literasi. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan perpustakaan dapat memperkuat perannya dalam mendukung literasi dan pendidikan anak secara berkelanjutan di Kabupaten Enrekang.


Full Text:

PDF (38-51)

References


Baker, R. (2020). The Role of Libraries in Early Childhood Literacy Development. Journal of Educational Development, 15(3),

Chen, L., & Liu, H. (2020). Digital Libraries and Literacy Development in Rural Areas. Library & Information Science Research, 42(4),

Johnson, L. (2021). Enhancing Children’s Learning Environments through Libraries. International Review of Education, 67(4),

Kartika, D. (2022). Inovasi Layanan Perpustakaan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Perpustakaan, 17(3),

Maulidiyah, R., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluating Child-Friendly Services in Public Libraries: A Case Study. Indonesian Journal of Educational Policy, 8(2),

Melfan, S. N. (2022). Efektivitas Program Kegiatan Layanan Anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Penelitian Perpustakaan, 12(2),

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications. ISBN: 978-1506350311

Murniati, S. (2021). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Anak di Daerah Semi-Perkotaan. Jurnal Pendidikan Literasi, 14(1),

Nugraha, S. (2023). Peran Perpustakaan Digital dalam Meningkatkan Literasi di Era Teknologi. Jurnal Literasi Digital, 15(2),

Rahmawati, N. (2021). Dampak Program Literasi di Perpustakaan Daerah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1),

Smith, J. (2022). Libraries as Community Centers for Literacy Development. Educational Review Journal, 25(1),

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

ISBN: 978-602-457-189-7.

Suyanto, T. (2020). The Importance of Early Reading Programs in Public Libraries. Library Trends, 68(3),

UNESCO. (2023). Global Literacy Report: Strategies for Child Development. UNESCO Publications.

Virgiana, A. (2021). Analisis Layanan Perpustakaan untuk Anak-anak. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2),

Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Koleksi Buku Anak di Perpustakaan Umum. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1),

Yuliana, R. (2022). Literasi dan Peran Perpustakaan dalam Pengembangan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education, 20(4)




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i1.29888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: