PENGARUH LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE BERCERITA TERHADAP NASIONALISME ANAK BURUH MIGRAN

Siti Tazqiyatul Hasanah, Sigit Dwi Laksana, Ayu Wulansari

Abstract


Tantangan dalam menanamkan nasionalisme pada anak-anak buruh migran Indonesia di luar negeri meningkat seiring dengan keterbatasan akses pendidikan dan pengaruh budaya asing. Literasi budaya dan kewarganegaraan menjadi indikator penting dalam membangun identitas kebangsaan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi budaya dan literasi kewarganegaraan melalui metode bercerita terhadap peningkatan nasionalisme anak buruh migran di Sanggar Bimbingan Al-Ikhlas, Kuala Lumpur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa kelas 1–6 SD dan 1 SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 1–4 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, literasi budaya berpengaruh signifikan terhadap nasionalisme, sedangkan literasi kewarganegaraan tidak. Namun, secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasionalisme. Metode bercerita terbukti efektif membangun keterikatan emosional siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini merekomendasikan metode bercerita sebagai strategi pembelajaran literasi budaya dan kewarganegaraan dalam pendidikan informal anak migran.

Kata Kunci: Anak Buruh Migran; Literasi Budaya; Literasi Kewarganegaraan; Metode Bercerita; dan Nasionalisme


References


Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Ayuda, A. P. (2025). Literasi dan Nasionalisme: Menanamkan Kebangsaan Melalui Budaya Baca. Literasiana: Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(1). http://dx.doi.org/ 10.31942/

Basuni, B. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740

Community Learning Center. (2022). Layanan Pendidikan Community Learning Center (CLC) di wilayah Sabah dan Sarawak, Malaysia. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. https://silnkotakinabalu.sch.id/community-learning-center-clc/

Divana, I. G. A., Azkiana, Z., Sukma, S. N., Martha, A. F., Fiqli, F. N., Nurhidayanti, R., Nugroho, M. D. A., Martak, S. C., Ananingati, R. M., Farh, F. M., & Azizah, S. N. (2024). Penguatan Identitas Nasional Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia Melalui Pembelajaran Budaya dan Patriotisme. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Inovasi IPTEKS, 2(6), 1669–1675. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i6.1443

Djumadi, Sulistyanto, H., Narimo, S., Prayitno, H. J., Suleha, Rosita, E., Fitriyani, N., & Shohenuddin. (2023). Penguatan Literasi Budaya Indonesia pada Siswa Sanggar Belajar Sentul Kuala Lumpur dengan Permainan Tradisional. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23177

Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Nento, M. N., Hanifa, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamdani, A. D., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Minimnya Literasi Budaya dan Kewargaan Dapat Mereduksi Nilai Karakter Kebangsaan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 140–147. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2348

Hasanah, A. I., Mahmud, M., & Salija, K. (2022). The Implementation of Storytelling Method to Improve Students’ Speaking Achievement. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social, 2(5), 116–125. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/36722%0A

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Layanan Pendidikan Indonesia, Berlomba Mengejar Cita Raih Masa Depan Gemilang. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/05/layanan-pendidikan-indonesia-berlomba-mengejar-cita-raih-masa-depan-gemilang?utm_source.com

Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137–146. /https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860

Khairunnisa, W. F., & Ariefa, N. A. (2023). Improving Students’ Literacy Skills Through Storytelling Activities. Proceedings Internasional Conference on Education of Suryakancana, 555–563. https://doi.org/10.35194/cp.v0i0.3035

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi (Revisi). Rineka Cipta. https://books.google.co.id/books?id=UZ5InQEACAAJ

Lahagu, Y., & Telaumbanua, W. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Namohalu Esiwa Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 618–627. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18017

Lähdesmäki, T., Maine, F., Harrison, F., Čermáková, A., Cook, V., Peck, J., Koistinen, A.-K., & Baranova, J. (2021). The Scales of Progression for Cultural Literacy Learning : Cultural L earning Progression Tool. DIALLS Project, University of Cambridge, University of Jyväskylä, and University of Vilnius, 37.

Laksana, S. D. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. Jurnal Muaddib, 5(1), 167–183.

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21st Century. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Loganathan, T., Ong, Z. L., Hassan, F., Chan, Z. X., Hazreen, & Majid, A. (2023). Barriers and Facilitators to Education Access for Marginalised Non-citizen Children in Malaysia : A Qualitative Study. Plos One, 1–24. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0286793

Maskhunnainiyah, M. (2018). Kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap Perubahan Perekonomian Masyarakat Desa Tiremenggal Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21141

Nurhayati, A., & Wulansari, A. (2021). Pengembangan Literasi Baca Tulis BuMi di SD Muhammadiyah Sapen 2 Yogyakarta. 1.

Putri, M. F. J. L., Saputra, R., Iswardhana, M. R., Emillia, Rastati, R., Sugiharto, A., Rendra. Agus, Rachimoellah, M., Zahri, T. A., Octaviany, N., & Lubis, P. H. (2023). Kewarganegaraan: Teoretis dan Praksis (O. Anggara (ed.)). Future Science Publisher. https://repo.itpln.ac.id/998/

Sari, R. T. (2024). Optimalisasi Pemahaman Nilai Budaya Melalui Pembelajaran English Folktale Storytelling di Kelas V SD. Universitas Pendidikan Indonesia.

Satriani, I. (2019). Storytelling in Teaching Literacy: Benefits and Challenges. English Review: Journal of English Education, 8(1), 113. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.1924

Setiawati, W., & Lestari, P. (2023). Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Kebon Dalem Semarang. Jurnal Unnes SOSIOLIUM, 5(1), 7–15. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i1.58326

Suarno, D. T., Adam, F., & Julyanto, Y. (2023). Faktor-faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Revitalisasi Nasionalisme Anak Pekerja Migran Indonesia di CLC Sarawak. Empiricism Journal, 4(1), 255–260. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1323

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=aFHZzwEACAAJ

Trisofirin, M., Mahardani, A. J., Cahyono, H., & Wiratmoko, R. (2023). Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 64–70.

Wati, T. K., S, M. F., Babuta, D. S., Informasi, P., Sarjana, P., & Alauddin, U. I. N. (2024). Penguatan Literasi Budaya Rimpu: Memperkuat Eksistensi Perempuan Islam di Tanah Bima. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 6(2), 150–163. https://doi.org/10.31764/jiper.v6i2.23510




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i2.32287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: