PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BULUKUMBA

Nasrullah Nasrullah, Tawakkal Tawakkal, Miftahul Jannah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bulukumba dan kendala yang dihadapi dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bulukumba dalam memanfaatkan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dan wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana promosi perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bulukumba yang diberi nama pengguna @dkbp_kab.bulukumba dinilai sudah efektif, karena promosi perpustakaan menggunakan media sosial instagram memberikan dampak positif, seperti meningkatnya jumlah pengunjung dan anggota perpustakaan. Sedangkan kendala yang dihadapi dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten bulukumba dalam promosi perpustakaan, seperti bite jaringan wifi yang tidak sebanding dengan pengguna perpustakaan dan kurangnya kerjasama antar pustakawan dalam mempromosikan akun instagram dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bulukumba.


Full Text:

PDF (1 - 12)

References


BUKU

Afrizal. (2017). Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.

Burhan, Bungin. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodelogi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa.

Ibrahim, Andi. (2014). Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan. Makassar: Gunadarma Ilmu.

----------. (2016). Manajemen Dan Administrasi Perpustakaan. Makassar: Penerbit Suyahada.

Mathar, M. Quraisy. (2021). Promosi, Pemustaka, dan Mutu Layanan Perpustakaan. Gowa: Alauddin University Press.

Mustafa, Badollahi. (1996). Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (2017). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Cet.1. Makassar: Alauddin Press.

ARTIKEL JURNAL

Aghni, Rezky Ilyasa. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(1).

Apriliana, Rizki. (2012). Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Kegiatan Gemar Membaca Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Di Sma Negeri 3 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Binalay, Anita. (2016). Manfaat Promosi Perpustakaan pada Mahasiswa Fispol dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi. e-Jurnal Acta Diurna, V(3).

Cahyono, Anang Sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana.

Drakel, Wahyuni Januarti, Pratiknjo, Maria Heny dan Mulianti, Titiek. (januari-juni 2018). Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial di Universitas Sam Ratulangi Manado. Holistik, (21A).

Garaika dan Feriyan, Winda. (2018). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(1).

Harapah, Wafiuddin Rahmad. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. Jurnal Imu Perpustakaan dan Informasi, 6(1).

Hedynata, Marceline Livia dan Radianto, Wirawan E. D. (2016). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Losciuus Chocolate Potato Snack. PERFORMAS: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1).

Islami, Afrizal Nur. (November 2018). Instagram: Media Sosial dan Eksistensi Diri Remaja Berprestasi di Kota Palu. Jurnal Kinesik, 5(3).

Kurniawati, Dewi dan Arifin, Nugraha. (September 2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2).

Kurniawan, Puguh. (Oktober 2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Competence: jounal of management studies, 11(2).

Lubis, Evawani Elysa. (Desember2014). Potret Media sosial dan Perempuan. Jurnal Parallela, 1(1).

Mujab, Ahmad Isywarul dan Rukiyah, Ari Setyadi. (April 2015). Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Seogijapranata. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).

Mustofa. (2017). Promosi Perpustakaan Dengan Menggunakan Media Sosial: Best Practice. Jurnal Publis, 1(2).

Puspitarini, Dinda Sekar dan Nuraeni, Reni. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common.

Prihartanta, Widayat. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83).

Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rahmawati, Annisa Nur, dkk. Pengaruh User Education Terhadap Promosi Koleksi Sumber Rujukan Umum di Perpustakaan Iain Tulungagung. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi.

Suharso, Putut dan Pramesti, Aninda Nurwindu. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan AirLangga. Jurnal Publication Library and Information Science, 3(2).

Zuhri, M. Abdul Malik dan Christiani, Lydia. (2019). Pemanfaatan Media sosial Instagram Sebagai Media Promosi Lybrarian Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas. Jurnal Ilmu Perpustakaan.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.7813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: