Kajian Tentang Konsep Pendidikan Hukum Bagi Generasi Muda di Indonesia

Nufikha Ulfah, Yayuk Hidayah, Endrik Safudin

Abstract


Pendidikan Hukum bagi generasi muda menjadi langkah awal dalam menanggulangi berbagai permasalahan kekurangan literasi Hukum yang terjadi pada generasi muda. Dalam pandangan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Hukum menjadi usaha dalam mengkonkritkan kecerdasan warga negara dan kesadaran hukum yang baik.  Secara khusus penelitian ini mengkaji dan menganalisis bagaimana Pendidikan Hukum bagi generasi muda di Indonesia. Penelitian ini  adalah penelitian kualitatif bersifat Studi Pustaka. Sumber penelitian dalam penelitian ini ialah berbagai literatur yang berhubungan dengan tema penelitian. Hasil kajian menunjukkan jika Pendidikan Hukum bagi generasi muda di Indonesia memerlukan beberapa inisiatif yakni 1) penekanan pada pengetahuan tentang proses pembutan hokum; 2) pengetahuan terhadap subtansi hukum; dan 3) memerlukan sosialisasi hukum yang lebih luas. Kesimpulan kajian ini adalah Pendidikan Hukum bagi generasi muda menjadi perwujudan warga negara yang baik karena generasi muda memiliki kesadaran hukum dalam tata konsep dan implementasi Pendidikan Hukum bagi generasi muda di Indonesia.


Keywords


Generasi muda, Pendidikan Hukum, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Affandi, I. (2019). Kembali ke UUD 1945 Asli. Bandung: Cv. Kencana Utama.

Akili, R. (2012). IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KEBIJAKAN HUKUM MELALUI PROSES LEGISLASI DALAM RANGKA PEMBANGUNAN HUKUM. Jurnal Legalitas, 5(1). https://doi.org/10.33756/jelta.v5i01.871

Ali, A., & Heryani, W. (2012). Menjelajahi kajian empiris terhadap hukum. Jakarta: Kencana.

Ali, M. M. (2020). SOSIALISASI HUKUM DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. An Natiq: Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, Volume 1 N(November), 1–20.

Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7

Baz Cores, O., & Fernández-Molina, E. (2020). An empirical approach to the study of legal socialization in adolescence. European Journal of Criminology, 1477370819896212. https://doi.org/10.1177/1477370819896212

Bieliauskaite, J., & Slapkauskasa, V. (2015). The Content Of The Education Of Legal Consciousness In A Comprehensive School: Lithuania’s Experience. In 7th World Conference on Educational Sciences, (WCES-2015), 05-07 February 2015, Novotel Athens Convention Center, Athens, Greece (pp. 148 – 155).

Díaz Gude, A., & Navarro Papic, I. (2018). Restorative justice and legal culture. Criminology & Criminal Justice, 20(1), 57–75. https://doi.org/10.1177/1748895818796549

Fine, A. D., Donley, S., Cavanagh, C., & Cauffman, E. (2020). Youth Perceptions of Law Enforcement and Worry About Crime from 1976 to 2016. Criminal Justice and Behavior, 47(5), 564–581. https://doi.org/10.1177/0093854820903752

Halliday, T. C., & Osinsky, P. (2006). GLOBALIZATION OFLAW. Annu. Rev. Sociol. https://doi.org/10.1146/annurev.soc.32.061604.123136

Hamzah, A. (2014). Hukum Acara Pidana Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Hidayah, Y. (2020). Disertasi: PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR KETERLIBATAN (MBK) UNTUK MEMPERKUAT PARTISIPASI POLITIK DAN CIVIC ENGAGEMENT WARGA NEGARA MUDA DI ERA DIGITAL. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayah, Y., Sapriya, Darmawan, C., & Malihah, E. (2020). Student Organizations as Voluntary Groups in Tertiary Education: Enculturation and Balancing Political Engagement for Indonesian Generation Z. The International Journal of Civic, Political, and Community Studies, 18(1).

Hidayah, Y., Trihastuti, M., & Dewie, D. A. (2020). Kecerdasan Berideologi Calon Guru Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Pancasila. Jurnal Al Qiyam, 1(2), 74–82.

Isep, I. (2013). PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN HUKUM DALAM MENGUPAYAKAN INTERNALISASI HUKUM DI KALANGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1).

Julyano, M., & Sulistyawan, A. Y. (2019). KONSTRUKSI PENALARAN POSITIVISME HUKUM, 01, 13–22.

Juwana, H. (2015). REFORMASI PENDIDIKAN HUKUM DI INDONESIA. JURNAL HUKUM & PEMBANGUNAN, 35(1). https://doi.org/10.21143/jhp.vol35.no1.1458

Kemahasiswaan, D. P. dan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: KEMENRISTEK DIKTI.

Kozhukhova, M., & Zhiyenbayev, M. (2018). Conceptualizing legal culture and legal awareness: meaning and structural components. SHS Web of Conferences 55, 02009 (2018) ICPSE 2018. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185502009

Lalani, S. (2013). Establishing the Content of Foreign Law: A Comparative Study. Maastricht Journal of European and Comparative Law, 20(1), 75–112. https://doi.org/10.1177/1023263X1302000105

Lewis, R. (2000). Clinical Legal Education Revisited. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1988997

Lu, W., & Ikeda, M. (2007). A uniform conceptual model for knowledge management of international copyright law. Journal of Information Science, 34(1), 93–109. https://doi.org/10.1177/0165551507079418

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi. Aksara.

Mbaya, P. Y., Tella, C. M., & Adole, R. A. (2013). The Processes of Law Making in a Presidential System of Government: The Nigerian Experience. Asian Social Science;, 9(2). https://doi.org/10.5539/ass.v9n2p106

Moho, H. (2019). PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA MENURUT ASPEK KEPASTIAN HUKUM, KEADILAN DAN KEMANFAATAN. Jurnal Warta, 59.

Muchtar, S. Al. (2018). PEMBELAJARAN NILAI KEBANGSAAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI INDONESIA (Kajian Epistemologik dan Paradigmatik Pendidikan Ideologi Pancasila dan Pembelajaran Nilai Kebangsaan Indonesia.

Najmudin, N. (2011). POKOK-POKOK PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUKUM DI INDONESIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT. FH.UNISBA, XIII(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/25270-ID-pokok-pokok-pemikiran-pendidikan-hukum-di-indonesia-dalam-memenuhi-kebutuhan-mas.pdf

Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2019). MEMBANGUN KESADARAN HUKUM MAHASISWA PPKn UPY DALAM BERLALU LINTAS. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2, No(Juni), 97–102.

Pipih Ludia Karsa, Fatkhul Muin, A. P. P. (n.d.). PARADIGMA PEMBENTUKAN HUKUM DI INDONESIA DALAM DIMENSI KE-TUHANAN: Suatu Tinjauan Terhadap Nilai-Nilai Ke-Tuhanan Yang Maha Esa.

Rahardjo, S. (2010). Sosiologi Hukum. Yogyakarta: Genta Publishing.

Rahardjo, Satjipto. (1986). Pembangunan Hukum dalam Perspektif Politik Hukum Nasional. Jakarta: CV. Rajawali.

Safudin, E. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Hukum. Malang: Setara Press.

Safudin, E. (2019). URGENSI SUSTAINABLE DEVELOPMENT SEBAGAI ETIKA PEMBANGUNAN DI INDONESIA. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 1(2). https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v1i2.2025

Sanyaolu, P., Sanyaolu, C. O., & Segun, J. (2017). THE PROCESS OF LAW MAKING BY THE LEGISLATURE IN A DEMOCRATIC SETTING. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28190.43847

Sapriya. (2007). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Warga Negara. Jurnal Sekolah Dasar, 16(1). Retrieved from http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/161072234.%0Apdf

Subekti. (2001). Pokok-Pokok Hukum Perdata. Bogor,: PT. Intermasa.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sun, L. (2015). The Method of Teenager Legal Education from the Perspective of the Rule of Law. In International Conference on Social Science and Technology Education (ICSSTE 2015). Atlantis Press.

Ulfah, N., Safudin, E., & Hidayah, Y. (2021). Construction of Legal Education in College Education through Pancasila Education. Lambung Mangkurat Law Journal, 6(1). https://doi.org/10.32801/lamlaj.v6i1.199

Ulfah, N., & Zuchdi, D. (2015). KEEFEKTIFAN METODE KOMPREHENSIFUNTUK PENGEMBANGAN NILAI NASIONALISMEDALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7669

Widhiyaastuti, I. G. A. A. D., & Ariawan, I. G. K. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi. Ac Ta C o m Ita S.

Xiao, Y., & Watson, M. (2017). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971




DOI: https://doi.org/10.31764/jmk.v14i1.12928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Keadilan:Jurnal Ilmu Hukum

 

EDITORIAL OFFICE: