UPAYA PENINGKATAN LITERASI MASYARAKAT MELALUI SEMINAR LITERASI DI DESA KARRANG KABUPATEN ENREKANG

Ismaya Ismaya, Andi Ahmad Chabir Galib, Karmila Pare Allo, Asbar Asbar

Abstract


Rendahnya tingkat literasi di wilayah pedesaan, termasuk di Kabupaten Enrekang, menjadi tantangan yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal akses informasi, pengambilan keputusan, dan pemberdayaan ekonomi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi masyarakat Desa Karrang melalui kegiatan seminar literasi yang melibatkan warga, tokoh masyarakat, dan perangkat desa. Mitra dalam kegiatan ini adalah Kulibuku Maspul, sebuah komunitas baca yang ada di Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, dan diskusi kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan Desa Karrang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang dengan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari, serta adanya komitmen bersama untuk mengembangkan ruang-ruang literasi desa, seperti taman baca dan kelompok belajar. Kegiatan ini juga memantik inisiatif warga untuk membentuk komunitas literasi berbasis lokal. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif dalam edukasi literasi mampu meningkatkan kesadaran kritis masyarakat desa. Hasil pengabdian ini penting sebagai model pemberdayaan berbasis literasi yang dapat direplikasi di desa-desa lain guna mempercepat pembangunan sosial dan budaya masyarakat pedesaan.


Full Text:

PDF (26-33)

References


Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., ... & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.

Cahya, A. N., Hartono, S., Reni, R., Hasanah, N., Ajie, M. F., Dian, M., ... & Rahmat, S. (2022). Penguatan literasi anak di desa Kuala Sempang kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13-21.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712-31723.

Damayanti, D. (2024). Pemahaman Petani Padi Terhadap Zakat Pertanian Di Desa Karrang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Hanifah, H. T., Zahra, R. A., & Rachman, I. F. (2024). Model Pendidikan Literasi Digital Pada Masyarakat Desa: Strategi Pengembangan Kemampuan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 42-47.

Ismaya, I., Syahdan, S., & Galib, A. A. C. (2023). Peranan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Guna Peningkatan Literasi Komunikasi Masyarakat di Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 5(1).

Ismaya, I., Tike, A., & Ibrahim, I. (2023). Literacy Education: Communication Literacy Model in Tudang Sipulung Culture in Patondonsalu Village at Enrekang District. SAGA: Journal of Technology and Information System, 1(1), 18-21.

Mulyani, S. (2024). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bersaudara dalam Mendukung Terciptanya Ruang Bersama bagi Warga Masyarakat. International Journal of Community Service Learning, 8(3), 236-247.

Prasetia, A. (2024). Transformasi Desa Melalui Literasi: Pendekatan Diskusi Buku. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 4(2), 87-98.

Pratama, R. D., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui program rumah literasi kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 1-28.

Saragih, A. N., Aprilia, V., Aditya, R., Surbakti, F. A., Simatupang, R. D., Damanik, D., & Rachman, F. (2023). Peran Komunitas Sasude Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan Untuk Semua Anak Sebagai Upaya Pembagunan Yang Berkelanjutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11652-11657.

Sari, N. F., Rambe, B. H., Ritonga, I. A., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan literasi membaca melalui kolaborasi guru, orang tua, dan siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(6).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v5i1.30809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2809-042X      

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

-------------------------------------------------------------------------

Indexing: