Analisa Produktivitas Alat Pemberaian Bulldozer Ripper Caterpillar D9R dan D10R untuk Mencapai Target Standar Produktivitas Material Overburden dan Batubara di Pit 4 PT Cipta Kridatama Site PT Dizamatra Powerindo Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan

Rendy Cholas Insagi, Putri Ariska, Abid Rifqi, Alieftiyani Paramita Gobel

Abstract


Kegiatan pemberaian material penambangan yaitu batubara dan overburden dengan cara ripping dilakukan supaya memudahkan alat gali untuk memuat material sehingga kegiatan produksi pertambangan dapat dilakukan secara efisien, Kegiatan pemberaian (ripping) dilakukan oleh unit bulldozer ripper D9R untuk material batubara dengan standar target produktivitas 345 bcm/jam dan unit bulldozer ripper D10R untuk material overburden dengan standar target produktivitas 624 bcm/jam, pada aktualnya hasil produktivitas untuk material batubara melebihi standar target produktivitasnya sedangkan untuk material overburden tidak tercapai. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor hambatan yang terjadi di lapangan. Peneliti bertujuan untuk mengevaluasi produktivitas bulldozer ripper yang digunakan dalam pemberaian material untuk memenuhi standar target dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses ripping material penambangan. Penelitian dilakukan secara langsung di Pit 4 PT Cipta Kridatama Site PT Dizamatra Powerindo. Penelitian dilakukan bertahap mulai dari studi literatur, observasi lapangan, pengambilan data primer dan data sekunder, selanjutnya pengolahan data dan melakukan konsultasi dengan pembimbing disertai penulisan laporan akhir. Material yang di ripping pada overburden adalah sandstone, claystone, dan siltstone dengan nilai seismic velocity di rentang 1000 - 2000 m/s. Sedangkan jenis material yang di ripping pada batubara adalah sub bituminous dengan nilai seismic velocity di rentang 1000 – 2000 m/s. Metode ripping yang digunakan yaitu metode cross ripping. Produktivitas rata-rata bulldozer ripper D9R dari tiga sampel yaitu 551.85 bcm/jam dan produktivitas rata-rata D10R dari tiga sampel yaitu 450,43 bcm/jam. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses ripping overburden dan batubara, diantaranya panjang ripping-an, jarak antar ripping an, kedalaman penetrasi, luas area ripping, dan cycle time bulldozer ripper.

Keywords


batubara, overburden, produktivitas bulldozer ripper, ripping

Full Text:

PDF

References


Caterpillar Inc. (2000). Handbook of Ripping (12th ed.). Peoria: Caterpillar Inc.

Fredrick, G., Tono, E. T., & Irvani. (2016). Evaluasi Kemampuan Produksi Ripping Dozer Ripper D375 Untuk Mencapai Target Produksi Batubara 180.000 Ton Bulan Oktober di Tambang Air Laya Extention Timur Front Limoa PT Bukit Asam (Persero) Tbk UPTE. Jurnal Mineral, 1(1), 1-7.

Juwita, W., Toha, M. T., & Syarifuddin. (2019). Ripping Overburden Dengan Bulldozer Ripper D 375 A-5 Sebagai Alat Bantu Excavator Pc 2000 Pada Penambangan Batubara Pit Tal Barat PT Pamapersada Nusantara. Jurnal Pertambangan, 3(2), 8-15.

Kepmen ESDM No. 1827 K. (2018). Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Jakarta: Kementrian ESDM.

PT Cipta Kridatama. (2020). CK MINING PRACTICE SECONDARY. PT Cipta Kridatama.

Rahman, A., Mukiat, & Purbasari, D. (2022). Evaluasi Kemampuan Produksi Ripping Dozer Komatsu D 375 A-6 Untuk Mencapai Target Pengupasan Overburden Di Pt Duta Tambang Rekayasa Site Sebakis & Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Avoer14.

Sebastian, R., Toha, M. T., & Bochori. (2018). Analisis Metode Ripping Untuk Mengoptimalkan Fragmentasi Batubara dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Excavator Backhoe di Tambang Banko Barat PT Bukit Asam (Persero), Tbk. Jurnal Pertambangan, 2(3), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpl.v5i1.23295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN

Creative Commons License

Jurnal Pertambangan dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.