Identifikasi Litologi Bawah Permukaan dengan menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger di Dusun Penimbuk, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Barat

Nanda Ari Samudra, Arif Wijaya

Abstract


Sokong adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan terletak di daerah Alluvium jika dilihat dari peta Geologi Pulau Lombok. Metode geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang mempelajari sifat aliran listrik di dalam bumi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lilotologi bawah permukaan di wilayah Dusun Penimbuk, Desa sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik resistivitas, dengan menggunakan konfigurasi schlumberger pada 2 lokasi dengan total panjang bentangan 600 meter. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Neoresist. Berdasarkan pengolahan data menggunakan software Progress diperoleh kedalaman hingga 109 meter di bawah permukaan untuk lokasi pertama, dan kedalaman hingga 108 meter di bawah permukaan tanah untuk lokasi kedua. Hasil geolistrik daerah sokong menunjukkan bahwa litologi daerah tersebut terdiri dari pasir, kerikil, lempung, batu apung sampai dengan lempung hasil endapan pantai. Lapisan akuifer pada daerah ini berupa lapisan pasir yang terletak pada kedalaman 15,03 – 33,73 m pada lokasi pertama dan 5,53 – 22,90 m pada lokasi kedua

Keywords


Electrical resistivity, Schlumberger, lithology

Full Text:

PDF

References


A. Sadjab, B., As'ari, & Tanauma, A. (2012). Pemetaan Akuifer Air Tanah Di Sekitar Candi Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis. JURNAL MIPA UNSRAT, 37-44.

Andi Mangga, S., Atmawinata, S., Hermanto, B., Setyogroho, B., & Amin, T. (1994). Peta Geologi Lembar Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bandung: Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi.

Edisar, M., Damayana, L., & Juandi. (2016). Pola Aliran Air Bawah Tanah Di Perumnas Griya Bina Widya Unri Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Elektroda Schlumberger. Jurnal Komunikasi Fisika Indonesia, 820-824.

Hakim, A. R., & Hairunisa. (2017). Studi Struktur Bawah Permukaan Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Schlumberger. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 56-54.

Maryaningsih, D., & Setyawan, A. (2014). Interpretasi Struktur Bawah Permukaan Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger Di Area Manifestasi Panas Bumi Kaliulo, Gunung Ungaran. Youngster Physics Journal, 25-30.

Munaji, Imam, S., & Lutfinur, I. (2013). Penentuan Tahanan Jenis Batuan Andesit Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Desa Polosiri). Jurnal Fisika, 117-121.

Mutia, F., Ikhlas, & Qurrata A'yun, R. (Januari 2022). Investigasi Lapisan Akuifer Dengan Metode Electrical Logging Dan Cutting Di Kecamatan Pereulak Dan Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. JURNAL ILMIAH INDONESIA, 1885-1894.

Reynolds, J. (2011). An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. New York: John Wiley and sons Ltd.

Telford, W., Geldart, L., & Sheriff, R. (1990). Applied Geophysics Second Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Wafid A.N, M., Sugiyanto, Pramudyo, T., & Sarwondo. (2014). Resume Hasil Kegiatan Pemetaan Geologi. Bandung: Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpl.v5i1.25490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN

Creative Commons License

Jurnal Pertambangan dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.