Perbandingan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kota Makassar

Aswar Annas, Humaidid Muhajir

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang pemerintah berupaya membentuk hard dan soft skills mahasiswa secara kompetitif yang diterapkan di satuan Perguruan Tinggi. Dengan cara melaksanakan 9 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Yaitu; Pertukaran mahasiwa, Magang/praktik kerja, Mengajar di sekolah, Penelitian/riset, Proyek kemanusian, Kegiatan wirausaha, Studi independen, Membangun desa/Pengabdian masyarakat, dan Bela negara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisa perbandingan penerapan Kurikulum MBKM dari berbagai perguruan tinggi swasta di Kota Makassar meliputi; Universitas Muhammadiyah, Universitas Bosowa, dan Universitas Pepabri. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu; wawancara/partisipasi langsung, observasi dan Telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Kurikulum MBKM di Unismuh dan Unibos telah menerapkan 7 kegiatan pembelajaran dari kurun waktu 2 tahun terakhir dan partisipasi Dosen, Mahasiswa, dan Program Studi cenderung pada kegiatan Pertukaran Pelajar dan Kampus Mengajar. Terdapat bentuk pembelajaran yang belum terlaksana yaitu; Proyek Kemanusiaan, dan Bela Negara. Sedangkan di Universitas Pepabri hanya menerapkan 5 bentuk pembelajaran, 4 diantaranya belum terlaksana yaitu; Kampus Mengajar, Kegiatan Wirausaha, Proyek Kemanusian, dan Bela Negara. Partisipasi Mahasiswa, Dosen, dan Program Studi cenderung pada kegiatan Magang/Praktik Kerja.

Keywords


Comparison; Policy Implementation; MBKM curriculum; PTS)

Full Text:

PDF

References


Adda, H. W., Chintya, P., Buntuang, D., & Ardianto, H. (2022). Promoting Transformative Learning Through Independent-Study Campus ( MBKM ) During the COVID-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2701–2709. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1867

Agus, A. A., & Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ( Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar ) Implementation of the Independent Campus – Freedom to Learn Policy ( Study at the Faculty of Social Sciences and Law , Makass. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(4), 32–43. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21817

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Tantangan Implemenasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Aritonang, B. D., Made, N., & Deca, M. (2022). Proyek Kemanusiaan Kepada Korban Gempa Temakung-Penerapan Kurikulum Mbkm. Lokatara Saraswati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/3709/2801

Asiah, N. (2020). Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (studi pada fakultas ilmu sosial dan hukum universitas negeri makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. In D. Aswita (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 9, Issue 2, p. 56). Universitas Serambi Mekah. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Dewi Hapsari, S., Lestari, H. P., Nurjannah, & Suranto. (2022). The role of MBKM in education post-COVID-19 pandemic. In S. Dewi Hapsari, H. P. Lestari, Nurjannah, & Suranto (Eds.), Proceeding International Seminar on Islamic Studies (Vol. 3, pp. 613–618). Universitas Muhammadiyah surakarta. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/9606

Dollente, R. D., & Tan, C. S. (2021). School Readiness on The Implementation of Learning Delivery Modalities (LDM’s) in The City Schools Division Province of Laguna: An Input to Curriculum Policy Brief and Intervention Program. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 3(2), 101–124. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v3i2.664

Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Mardhatillah, M., & Sulaiman, Z. (2022). Peran Program Pertukaran Pelajar MBKM dalam Pengembangan Kompetensi Lulusan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 323–330. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.11713

Farida, F., Suryadi, E., & Samsuddin, S. (2020). Pengembangan Kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Pontianak. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 217–223. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1021

Fatmawati, E. (2020). DUKUNGAN PERPUSTAKAAN DALAM IMPLEMENTASI “KAMPUS MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087.

Fuadi, T. M. (2021). Hubungan perguruan tinggi swasta dengan pemerintah dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). SEMDI UNAYA, 4(1), 267–286. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/2660%0Ahttp://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/download/2660/1061

Hendar, Heryono, H., Kuraesin, U., Nurohmah, H., & Novitasari, R. (2022). Towards the Curriculum of Independent Learning-Independent. English Journal Literacy Utama, 6(2), 560–566. https://doi.org/https://doi.org/10.33197/ejlutama.vol6.iss2.2022.181

Ikasari, A. C. (2018). Tinjauan Model Kerjasama Daerah Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 66(1), 37–39. www.ijmas.orgwww.ijmas.org

Junaedi, F., Sudiwijaya, E., Rahman, T. qur, & Yuliawati, E. (2021). Membaca MBKM Dalam Ilmu Komunikasi (F. Junaedi (ed.); 1st ed.).

KEMENDIKBUD. (2020). Strategi Implementasi BKP Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. https://webinar.darmajaya.ac.id/go/wp-content/uploads/2020/11/Strategi-BKP-MBKM-dalam-KPT.pdf

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045

Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60

Krishnapatria, K. (2021). MBKM Curriculum in English Studies Program: Challenges and Opportunities. ELT in Focus, 4(1), 15–38. https://doi.org/10.35706/eltinfc.v4i1.5276

Krisnanik, E., Saphira, Q., Intan, D., & Indriana, H. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 5(1), 138–142. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/40

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185–1196. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44137

Makhrus, M., Mukarromah, S., Istianah, I., & Utami, R. F. (2022). Aktivitas Magang Lembaga Keuangan Syariah dan Proyek Kemanusiaan dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 6(1), 68–80. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.26147

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Nasrulhaq, N., Harakan, A., Syukri, S., Arfah, S. R., Khaerah, N., Tahir, N., & Wahid, N. (2022). Diseminasi Kebijakan Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Makassar Indonesia. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1563

Nurhayati, I., Sa, M., Supriadi, D., & Afrianto, Y. (2022). Tawazun Analisis dampak MBKM terhadap kinerja kampus Universitas Ibn Khaldun Bogor : Pendekatan demografi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 209–220. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.8293

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fisip Upn Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2539

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. In Rodiyah (Ed.), Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, Issue 2, pp. 426–434). Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737

Rohiyatussakinah, I. (2021). Implementation of MBKM and the Relationship of Curriculum Policy based on a Case of EFL Education in Japan. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 4(2), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/jeltl.v4i2.1434

Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2), 175–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2149

Sakdiah, H., & Jamilah, M. (2022). Digital Literacy Students Facing to Independent Learning Independent Campus Curriculum Halimatus. Community Medicine & Education Journal, 3(1), 217–222. https://doi.org/https://doi.org/10.37275/CMEJ.v3i1.180

Sari, I. N., Susyanti, J., Ambarwati, A., & Ariani, B. (2021). Dosen Merdeka; Peran, Tantangan, Strategi, Transformasi dan Inovasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In Z. Z. Abdul Wahid, Ifit Novita Sari, Fita Mustafida (Ed.), Dosen Merdeka. Unisma Press. [email protected]

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4,0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sofa, A. R., Aziz, A., & Ichsan, M. (2022). Hybrid Learning Lectures for Achieving Arabic Language Competence in the Free Curriculum Frame for Independent Learning (MBKM) at Zainul Hasan Islamic …. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(4), 935–941. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/98%0Ahttp://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/98/177

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Suastika, I. K., Suwanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Kepuasan Stakeholder pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains dan Teknologi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1657–1667. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2176

Suastika, K., Swanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Dampak Implementasi Kurikulum MBKM : Analisis Kepuasan dan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 19–28. https://doi.org/10.30653/003.202281.207

Sukreni, T., Untari, D. T., Soehardi, S., Perdana, T. S., Hutahaean, E. S. H., & Khasanah, F. N. (2022). Implementation of “Freedom To Learn – Independent Campus (Mbkm)” Program At Muara Gembong. Journal of Economic Development, Environment and People, 11(2), 51–54. https://doi.org/10.26458/jedep.v11i2.747

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. In S. Suwandi (Ed.), Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–12). Universitas Sebelas Maret. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (1st ed.). OSF Preprints. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Tri Hardianto, W., Khairul Muluk, M., & Fefta Wijaya, A. (2017). Tourism Investment Services in Batu City With Penta Helix Perspective. International Journal of Management and Administrative Sciences (IJMAS, 5(05), 17–22. www.ijmas.orgwww.ijmas.org

Werdiningsih, D., Mardiyani, S. A., & Azami, M. I. (2022). International Journal of Social Science Research and Review. Internasional Journal of Social Science Research and Review Http://Ijssrr.Com, 5(1), 127–133. https://doi.org/https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i1.155

Zuhdi, S., Wardiono, K., & Nurhayati, N. (2021). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Kebijakan dan Penataan Struktur Organisasi Pelaksanaan Program MBKM Fakultas Hukum. 1–13. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12874%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/12874/Artikel_Fakultas_Hukum.pdf?sequence=1&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.31764/jgop.v4i2.11152

Copyright (c) 2022 Aswar Annas

This publication is indexed by: