PENGENALAN APOTEKER CILIK BAGI SISWA TK PKK DESA TEROS KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Nela Oktiani, Wulan Suci Ramdhani, Reyanda Febriyan, Banu Mandala Putra, Rafly Kusuma Negara, Marram Doni, M. Rizal Zativa, Meci Rizqi, Shinta Trilala W.P, Abdul Rahman Wahid

Abstract


ABSTRAK                                                               

Umumnya daerah dengan permukiman yang padat penduduk, dan memiliki tingkat pendidikan yang berbeda-beda tentu banyak terdapat permasalahan-permasalahan yang terkait dengan lingkungan dan pengetahuan masyarakat tentang kebersihan dan larangan yang berlaku sesuai undang-undang. Adapun  permasalahan yang dialami sampah yang berserakan, mengkonsumsi obat-obat terlarang, tidak memperhatikan kebersihan tangan. Salah satu metode yang sederhana yang bisa diterapkann untuk mengatasi permasalahan lingkungan adalah dengan menerapkan sistem PHBS. Prinsipnya adalah dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup sehat dan Bersih) contohnya seperti, buang sampah pada tempatnya, mencuci tangan dengan baik, tidak melanggar peraturan-peraturan yang berlaku. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode Edukasi dengan pengenalan apoteker cilik bagi siswa. Harapannya dari kegiatan tersebut para siswa dapat menerapkan PHBS sedini mungkin. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib.

 

 

ABSTRACT

In general, areas with densely populated settlements, and having different levels of education certainly have many problems related to the environment and public knowledge about cleanliness and the prohibitions that apply according to law. As for the problems experienced by scattered garbage, consuming illegal drugs, not paying attention to hand hygiene. One simple method that can be applied to overcome environmental problems is to implement a PHBS system. The principle is to apply PHBS (Healthy and Clean Living Behavior), for example, dispose of trash in its place, wash hands properly, not violate applicable regulations. The method used in this activity is the Education method by introducing young pharmacists to students. It is hoped that from these activities students can implement PHBS as early as possible. Activities took place smoothly and orderly.

 

 

 


Keywords


apoteker cilik, PHBS, lingkungan, kesehatan

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2019. Perencanaan DED Drainase Kecamatan Tanjung. NTB




DOI: https://doi.org/10.31764/sjpu.v5i1.13404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________

Sinergi Jurnal Pengabdian 
ISSN 2656-4661  
Email: ummat[email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Sinergi Jurnal Pengabdian telah diindeks oleh: