PENERAPAN TEKNIK COFFEE HOUSE BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA
Abstract
Coffee house ini diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Stephen Soifort (2016) dengan tujuan mendesain kelas speaking dalam bentuk yang lebih natural. Ruangan kelas dan mahasiswa akan di set sedemikian rupa menyerupai model café atau resto. Mereka kemudian akan diminta duduk bersama, sebanyak 2 orang atau lebih yang sedang membicarakan topic-topik umum yang biasa diperbincangkan oleh orang-orang yang saling kenal satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah; (a) untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik coffee house berbasis CTL dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa di mata kuliah speaking, (b) untuk menganalisis tingkat efektifitas, manfaat, kelebihan dan kekurangan dari penggunaan teknik coffee house berbasis CTL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di mata kuliah speaking. Peneliti menggunakan pre-experimental design dimana sample hanya satu kelas dengan sekali pre-test dan sekali post-test tanpa adanya kelas control sebagai pembanding. Adapun desain yang ingin ditawarkan adalah salah satu pendekatan Pre-experimental yaitu pre-test and post-test group design mengadopsi model yang ditawarkan Borg and Gall (1983: 682). Penelitian akan dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Jumlah keseluruhan populasi di semester III Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 1 kelas total keseluruhan 17 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik “coffee house” dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bisa disimpulkan “efektif”. Hal ini dibuktikan dengan hasil score pre-test maupun post-test mahasiswa yaitu, nilai t-test adalah 5.313, konsultasi pada t-table di 99 % menunjuk pada angka 2.60, dapat disimpulkan bahwa perbandingan t-test dan t-table adalah 5.313 ≥ 2.60 atau dengan kata lain hasil test mahasiswa melampaui standar capaian minimum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Benter Oseno Gudu. 2015. Teaching Speaking Skills in English Language using Classroom Activities in Secondary School Level in Eldoret Municipality, Kenya. Journal of Education and Practice, ISSN 2222-288X (Online) Vol.6, No.35, pp 55-63.
. Borg, Walter R., and Gall, Meredith D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
. Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Longman
. Hasnawati. 2006. Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 3 Nomor 1, April 2006. Hal 53-62.
. Hughes R, 2002. Teaching and Researching Speaking. London: Pearson Education.
. Fahmi. 2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober 2016., ISBN: 978-602-60213-0-4
. Marriam Bashir. 2011. Factor Effecting Students’ English Speaking Skills. British Journal of Arts and Social Sciences, ISSN: 2046-9578, Vol.2 No.1 pp 34-55
. Miles, B. & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjejep Rohendi. Jakarta: UI Press
. Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
. Nana Sudjana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
. Saidna Zulfiqar A. Bin Tahir. 2015. Improving Students’ Speaking Skill through Yahoo Messenger at University of Iqra Buru. International Journal of Language and Linguistics, Vol. 3, No. 3, pp. 174-181.
. Thanyalak Oradee. 2012. Developing Speaking Skills Using Three Communicative Activities (Discussion, Problem-Solving, and Role-Playing). International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 2, No. 6, pp 533-535
. Yingjie I. J. Yang. 2014. Is Speaking Fluency Strand Necessary for the College Students to Develop in the EFL Class? Theory and Practice in Language Studies, Vol. 4, No. 2, pp. 225-231
. Yingjie I. J. Yang. 2014. The Implementation of Speaking Fluency in Communicative Language Teaching: An Observation of Adopting the 4/3/2 Activity in High Schools in China. International Journal of English Language Education, Vol. 2, No. 1, pp 193-214
DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.1723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ulul Albab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: