Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VII SMP

Qatrunnada Raqiqa, Kiki Riska Ayu Kurniawati, Habib Ratu Perwira Negara

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis atas literatur dari berbagai sumber, termasuk pengindek scopus, DOAJ, dan Google Scholar, dengan rentang tahun terbitan antara 2013 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah menengah. Namun, implementasi PBL memerlukan persiapan matang dari pendidik dan dukungan yang memadai dari sekolah. Meskipun PBL berdampak positif pada motivasi dan minat belajar siswa, diperlukan pendidikan yang disesuaikan, terutama untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Hal ini menyoroti pentingnya memperhatikan kebutuhan individual siswa dalam menerapkan pendekatan pembelajaran. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami faktor-faktor yang membuat PBL efektif dan bagaimana menerapkannya secara optimal dalam berbagai konteks pendidikan, termasuk kajian tentang interaksi antara faktor-faktor yang berbeda dalam penggunaan PBL dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP.

Abstract: This research represents a systematic review of literature from various sources, including Scopus, DOAJ, and Google Scholar, spanning from 2013 to 2023. The findings indicate that the Problem-Based Learning (PBL) approach is effective in enhancing the understanding of mathematical concepts among middle school students. However, implementing PBL requires thorough preparation by educators and adequate support from schools. Although PBL positively impacts students' motivation and learning interest, tailored education is necessary, especially for students with special needs. This highlights the importance of addressing individual students' needs in implementing the learning approach. Further research is needed to understand the factors that make PBL effective and how to optimally apply it in various educational contexts, including studies on the interaction among different factors in using PBL in teaching mathematics to seventh-grade junior high school students.


Keywords


Improvement; Learning Achievement; Maths; Problem Based.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggaraini, S. N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Matapelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Azhari Panjaitan, M. (2022). Model Problem-Based Learning for Improving Student’s Mathematical Competence: Systematic Literature Review. In Mathematics Education Journals (Vol. 6, Issue 2). Online. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/MEJ

Azizah, H. N., Oktoviana, L. T., & Harini, S. (2023). The Implementation of Problem-based Learning (PBL) to Improve Contextual Mathematics Problem-solving Ability in Students XI-B3 Senior High School 3 Malang. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13457

Dermawan, T. R., Titikusumawati, E., & Kurniawan, W. (2023). Student Team Achievement Division with Problem-Based Learning-Based Worksheet (LKPD): Improving Students’ Math Affection and Cognition. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 5(1), 95–106. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i1.8936

Fatayan, A., Safrul, S., Ghani, A. R. A., & Ayu, S. (2022). The Implementation of Problem-Based Learning on Multiplication and Division Lessons in Improving Elementary School Students’ Learning Motivation. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), 857. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i4.9084

Ismit, N., & Lukmana, D. A. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Open Journal Systems, 17(8).

Jivani Dasusmi, K., Destami, L., & Diniyati Shobah, M. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3, 325. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Khaeril Muttaqin, A., Yahya, Y., & Irmayanti. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Tadris Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 63–70. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1829

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

L. Benilan, M., E. Cagape, W., P. Cajes, R., Mae R. Pineda, C., & Krizza G. Quibod, A. (2023). Problem-Based Learning Strategy Integration: Increasing Students’ Motivation in Doing Scientific Research. International Journal of Research Publications, 127(1). https://doi.org/10.47119/ijrp1001271620235111

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 7(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Laine, C. E., & Mahmud, M. S. (2022). The Influence of Problem-Based Learning (PBL) on Mathematics Learning: Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(3). https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i3/15033

Lusiana, V. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Matematis Mahasiswa.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2022). Cooperative Learning Implementation Model to Improve Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Basicedu, 6(1), 877–885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2026

Michael Nnaemeka Ajemba, & Ebube Chinwe Arene. (2022). Research gaps for future research and their identification. World Journal of Advanced Research and Reviews, 16(1), 575–579. https://doi.org/10.30574/wjarr.2022.16.1.1062

Muhandaz, R., Lasari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 1, Issue 3).

Nababan, D., Rambe, H. A. R., & Sitorus, L. D. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Dalam Kelas. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 259–264. https://doi.org/10.62017/merdeka

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Puspitasari, E., Suprapto, E., & Sunarni. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Waktu Kelas Ii Sd Negeri 1 Kalak Kabupaten Pacitan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).

Putera Setiahati, I., & Triayomi, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sederhana Di Sd Negeri 42 Palembang. In Jurnal Abdimas Musi Charitas (Vol. 2, Issue 2).

Setiawan, P., & Arip, A. G. (2023). Application of the Project Based Learning (PjBL) Model through Making Tempe to Improve Student Learning Outcomes and Creativity. International Journal Publishing INFLUENCE: International Journal of Science Review, 5(2). https://influence-journal.com/index.php/influence/index

Sinaga, B. N. P. D., Girsang, B., Simbolon, E., Situmorang, L. S., & Nababan, Y. J. (2022). Maths Free Tutoring Program at SMA Negeri 1 Pegagan Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 1(5), 241–248.

Soomro, E. P., & Arain, M. A. (2023). Impactful Cooperative Learning and Academic Achievement of Mathematics Students. Academy of Education and Social Sciences Review, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.48112/aessr.v3i2.465

Pasaribu, L. H. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Na Ix-X Aek Kota Batu Laili Habibah Pasaribu. SIGMA, 1(1), 15–24.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1).

Susino, S. A., Destiniar, D., & Sari, E. F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2918

Suwanto, Rosidin Undang, & Azhari Budi. (2018). Prosiding Seminar Nasional Guru Dikdas Berprestasi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Systematic Literature Review: Mathematical Connections Through Problem-Based Learning In Terms Of Adversity Quotient. (2023). JME (Journal of Mathematics Education), 8(1). https://doi.org/10.31327/jme.v8i1.1922

Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Smp Negeri 2 Merauke. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika. 617.

Wardani, V. N., & Merona, S. P. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 2527–6182.

Widdowson, L., Rochester, L., Barbour, P. J., & Hullinger, A. M. (2020). Bridging the team coaching competency gap: A review of the literature. International Journal of Evidence Based Coaching and Mentoring, 18(2), 35–50. https://doi.org/10.24384/z9zb-hj74

Yuliana. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Masalah Kontekstual Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Malinau Yuliana SMA Negeri 2 Malinau. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v27i2.23324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Qatrunnada Raqiqa, Kiki Riska Ayu Kurniawati, Habib Ratu Perwira Negara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: