Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual pada Siswa Kelas IV

Ratih Setya Irawati, Octariana Hidayatus Sholikah, Sri Endah Wahyuningtyas

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar...... dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif dan menggunakan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPAS setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Pada siklus 1 menunjukkan nilai N-Gain hasil belajar peserta didik sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai N-Gain hasil belajar menjadi 0,8 dengan katagori tinggi. Persentase ketuntasan peserta didik pada tahap siklus 1 yaitu 57% naik menjadi 96% pada siklus 2, mengakibatkan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 39%. Dari temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Abstract This research aims to determine the improvement in science and science learning outcomes for grade IV elementary school students. by using the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by audio-visual media. This type of research is classroom action research (PTK) with research subjects of 23 students. Data analysis was carried out descriptive quantitatively and using N-gain. The results of this research show that there has been an increase in science learning outcomes after using the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by audio-visual media. In cycle 1, the N-Gain value of student learning outcomes was 0.6 in the medium category. In cycle 2 there was an increase in the N-Gain value of learning outcomes to 0.8 in the high category. The percentage of students' completeness at cycle 1 stage, namely 57%, increased to 96% in cycle 2, resulting in an increase in completeness of learning outcomes by 39%. From these findings, it can be concluded that using the Problem Based Learning (PBL) learning model supported by audio visual media can improve the science and science learning outcomes of fourth grade elementary school students.


Keywords


Problem Based Learning, Learning Outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al Faruq, U. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan Muhammadiyah di era 4.0. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 013-030.

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3),857–871. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00647a.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Budaya, B. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif. Likhitaprajna, 18(1), 42-59.

Dianawati, N. L. P., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 102-109.

Febriani, E. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 94-100.

Gunawan, I. K. A., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 74-82.

Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74-78.

Haryanti, et al. (2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Direct Instruction Berbantuan Media Bagan Garis Waktu.Jurnal Cakrawala Pendas. 4 (2), 23-41.

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 . Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniati, Y., Yunus, A., & Febriyanto, B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 314-321).

Lowonga, L.O. (2018) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kehidupan Awal Masyarakat di Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Gema Pendidikan, 25 (2), 30-41.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Mayya, Sa’ud, U. S., & Meirawan, D. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 108–117. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19853.

Ngalimun. (2016). No Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS. Al Yusufiah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya: Implementation Of Direct Instruction Direct Instruction Model Using Audiovisual Media To Improve The Learning Outcomes Of Scientific Learning In Grade V Students At SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-9.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 206-214.

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya hasil belajar ipa siswa melalui model problem based learning berbantuan media audio visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 320-331.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. (Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI).

Sutrisno, T., & Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA SD melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual. In Prosiding seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 315-324).

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di SekolahDalam Kurikulum2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347-357.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.24433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratih Setya Irawati, Octariana Hidayatus Sholikah, Sri Endah Wahyuningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: