Analisis Implementasi Nilai Nilai Islam dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh 2 Mataram
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai nilai islam dalam pembelajaran di sd islam terpadu anak Sholeh 2 mataram. Pendidikan islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan taat beragama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai nilai Islami di terapkan secara konsisten dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler serta dalam lingkungan sekolah yang mendukung. Keterlibatan orang tua juga berpwran penting dalam memperkuat hubungan Pendidikan anatara rumah dan sekolah. Penerapan nilai nilai Islami ini bersifat holistik, mencangkup aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik siswa. Implementasi tersebut tidak hanya berdampak positif pada perkembangan spiritual siswa, tetapi juga meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemempuan sosial mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan implementasi nilai nilai Islami sangat bergantung pada dukungan penuh dari guru, orang tua, dan lingkungan sekiitar.
Abstract: This study aims to analyze the implementation of Islamic values in learning at the integrated Islamic elementary school of Anak Sholeh 2 Mataram. Islamic education has an important role in shaping the character of students who are noble and religiously obedient. The method used in this research is descriptive qualitative, with data collection through observation, interviews, and document studies. The results of this study indicate that Islamic values are consistently applied in intracurricular, extracurricular activities and in a supportive school environment. Parental involvement is also important in strengthening the educational relationship between home and school. The application of Islamic values is holistic, covering the cognitive, effective and psychomotor aspects of students. The implementation not only has a positive impact on students' spiritual development, but also improves their discipline, responsibility and social skills. This study concludes that the successful implementation of Islamic values depends on the full support of teachers, parents, and the surrounding environment.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271-287.
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057-2068.
Baitiyah, B., Nafilah, A. K., & Mabnunah, M. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah di Bangkalan (Sinergi Tradisi dan Modernitas). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 186-198.
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Ferdinan, F., Rahman, A., & Pewangi, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4031-4044.
Fahruddin, M. (2023). Pola pendidikan karakter religius melalui islamic boarding school di Indonesia. Pustaka Peradaban.
Firmansyah, A., Annur, S., & Hartatiana, H. (2022). Implementasi manajemen pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan. Studia Manageria, 4(1), 17-36.
Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.
Giantama, R. (2022). Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Muhammadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Harahap, M. Y., & Mukti, A. (2023). Implementasi Falsafah Poda Na Lima Pada Santri Pondok Pesantren Modern di Kota Padangsidimpuan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.
Maesyaroh, S., & AUD, S. P. (2022). Implementasi Penanaman Toleransi dalam Meningkatkan Moral, Agama, dan Akidah Anak di Lingkungan yang Berbeda Agama. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam, 108.
Mesiono, M., Wasiyem, W., Zakiyah, N., Fahrezi, M., Nursakinah, I., & Azhari, M. T. (2024). Dinamika kepemimpinan perguruan tinggi: Tantangan dan strategi manajemen untuk menanggapi perubahan cepat di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3146-3153.
Muharram, M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15559-15567.
Nursalim, E. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Program Bina Pribadi Islam (BPI) Untuk Membangun Karakter Siswa yang Berakhlak Mulia di SMPIT Daarussalam Sangatta Utara: membangun karalter siswa yang berakhlak mulia. Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, 2(2), 249-254.
Nurhaliza, S. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral dan Sosial Siswa. Integrated Education Journal, 1(1), 1-21.
Prayitno, E. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islami dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Muara Beliti Musi Rawas (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam perspektif pendidikan Islam: Nilai fundamental, strategi implementasi, dan dampaknya terhadap pembentukan karakter santri di pesantren. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193-210.
Rizqy, M., Zachani, N. S. A., Fajri, S., & Suryandari, M. (2023). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 22-42.
Ramli, N. (2023). Upaya guru agama islam dalam meningkatkan literasi al-qur’an siswa sekolah dasar. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 85-96.
Raidissita, K. (2023). Gambaran strategi guru bimbingan dan konseling dalam memelihara perilaku disiplin siswa di SDIT Anak Sholeh Kota Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Sapitri, N., Sahwal, S. S., Satifah, D., & Takziah, N. (2023). Peran guru profesional sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 73-80.
Salmon, Y., Saefudin, D., Mujahidin, E., & Husaini, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Tingkat SMP di Pondok Pesantren (Studi Lapangan pada Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten). Jurnal Global Ilmiah, 1(5), 354-369.
Wibowo, Y. R., & Salfadilah, F. (2024). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. ISLAM EDU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(02), 59-73.
Zulaiha, E., Syuaib, I., & Rahman, M. T. (2024). Model pengajaran perdamaian berbasis Al-Qur’an.
DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v29i2.29905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nanang Rahman, Uswatun Hasanah, Miftahul Jannah, Fitrah Rahmadani, Anisahturahman, Siti Hawah, Nurhayati, Astria Ningsi1, Uswatun Hasanah, Muhaimin Muhamad Adam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847
Ulul Albab Visitor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: