GAYA KEPEMIMPINAN FAUZAN KHALID DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Lalu Sopan Tirta Kusuma, Zulhadi Zulhadi

Abstract


Abstrak: Semakin menurunya kepercayaan publik (Public Trust)  terhadap kualitas  kepemimpinan di Indonesia, mulai dari level nasional hingga ke daerah menunjukan bahwa kualitas kepemimpinan kita saat ini sedang mengalami krisis.  Kepemimpinan yang banyak menawarkan janji  belaka  sehingga membuat  masyarakat  seolah-olah  bosan terhadap demokrasi yang melahirkan para pemimpin  yang tidak berkualitas. Banyaknya kasus yang menjerat para komandan kepala daerah  menunjukan bukti nyata  bahwa  kualitas para pemimpin kita saat ini masih belum mampu membawa masyarakatnya kepada kesejahateraan baik itu secara ekonomi, sosial, politik dan buadaya. Artikel  ini secara khusus menguraikan dimensi masalah tersebut dan juga memberikan  wawasan terkait dengan gaya kepemimpinan  yang dilakukan oleh seorang Fauzan Khalid dalam  penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Lombok Barat, dimana ditengah keraguan  dan krisis kepercayaan  terhadap kepemimpinan kepala daerah, sosok Fauzan Khalid mampu menepis rasa pesimistis itu dengan menorehkan  banyak prestasi  yang luar biasa dalam  memimpin daerahnya.

Kata Kunci: Kepemimpinan; Fauzan Khalid; Pemerintahan; Lombok Barat 


Full Text:

PDF

References


. Arikunto, Suharsimi, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

. Delly Mustafa, Birokrasi Pemerintahan, Alfabeta, 2014.

. JIAN UGM dan MAP UGM, Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan, dan Pelayanan Publik,Gava Media, Yogyakarta, 2009.

. Komarudin, Hidayat dan M. Yudhi Haryono, Manuver Politik Ulama, Tafsir Kepemimpinan Islam dan Dialektika Ulama, -Negara, Jala Setara, Yogyakarta, 2011.

. Lexy J.M. Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta,2010

. Mutiarin, Dyah, Arif Zainudin, Manajemen Birkrasi dan Kebijakan, penelusuran konsep dan teori, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.

. Nazir, Metodologi Penelitian. Bandung: Rosdakarya, 2010.

. Rahardjo, Mudjia, Genta Pemikiran Islam dan Humaniora, UIN Maliki Press, 2672011.

. United Nations Development Programme,2002,UNDP and Governance for Sustainable Human Development, New York, UNDP policy paper. See also Goh Ban Lee, Non-Compliance: A Neglected Agenda in Urban Governance, Kuala Lumpur: Institute Sultan Iskandar, 2002.

. Siagian, Filsafat Administrasi. Jakarta, Bumi Aksara, 2004.

. Sedarmayanti, Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan, Refika Aditama, Bandung, 2009.

. Quinn Patton, Michael, Metode Evaluasi Kualitatif, Pustaka Pelajar, 2006.

. Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi, Alpabeta, 2012.

. World Bank, “Governance and Development”, Washington D.C., 1992 sebagaimana dikutip oleh Francois Dreyfus, “What Kind of a Citizen for What Kind of State?” dalam Luc Rouben (ed.) 1999, Citizens and the New Governance: Beyond the New Public Management, Amsterdam, IOS Press, 1992.

. Yudhoyono, Soesilo Bambang Dkk, Good Governance dan Otonomi Daerah Menyongsong AFTA 2003, Prosumen dan FORKOMA-MAP KAGAMA UGM, Yogyakarta, 2002




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ulul Albab