IMPLEMENTASI YOGA KIDS UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN DAN KONSENTRASI ANAK DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI ERA MERDEKA BELAJAR
Sari
Abstract: In the concept of independent learning, both teachers and students are subjects in the learning system. Learning in the era of independent learning requires students to be prepared for their physical and mental conditions so as to participate in learning along with good learning achievements. Good physical fitness of students is the basis for creating learning concentration and having good learning achievement. One way to improve children's fitness and concentration is through yoga kids. Yoga is an activity that directs a person to concentrate, regulate breath, and calm the mind with certain poses. The aims to improve children's fitness and concentration in learning through yoga kids. Methods: This research is a quasiexperimental study with pretest posttest desing. Sampling was carried out at Mahoni 2 Integrated Healthcare Post at Gedongkiwo Village, Yogyakarta City among 24 children aged 5-9 years. Yoga kids was performed 3 times for one week with a duration of 2 hours per meeting... Results and Discussion: Based on the characteristics of respondents, it was found that most of respondents were male (62.5%), 7 years old (33.3%), and had elementary education (66.7%). The results of the analysis using paired sample t-test obtained a p-value of 0.000<0.05, which meant that yoga kids could improve children's fitness and concentration. Conclusion: Yoga kids had a significant effect on the improvement of children's fitness and concentration.
Abstrak: Dalam konsep merdeka belajar, antara guru dan murid merupakan subyek di dalam sistem pembelajaran. Dalam menghadapi pembelajaran di era merdeka belajar, siswa harus dipersiapkan kondisi fisik maupun mentalnya agar dapat mengikuti pembelajaran dan mendapatkan prestasi belajar yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran dan konsentrasi anak yaitu dengan melakukan yoga kids. Yoga adalah sebuah aktivitas yang mengarahkan seseorang untuk berkonsentrasi, mengatur nafas, menenangkan pikiran dengan pose-pose tertentu. Tujuan penelitian mengetahu pengaruh yoga kids terhadap kebugaran dan konsentrasi anak. Metode penelitian: penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak-anak usia 5-9 tahun sebanyak 24 anak di Posyandu Mahoni 2 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta. Pemberian yoga kids dilakukan sebanyak 3 kali selama satu minggu dengan durasi 2 jam per pertemuan. Hasil: karakteristik responden sebagian besar laki-laki (62,5%), berumur 7 tahun (33,3%), berpendidikan SD (66,7%). Terdapat pengaruh yoga kids terhadap kebugaran dan konsentrasi anak dengan p-value 0,000. Kesimpulan: Yoga kids secara signifikan dapat meningkatkan kebugaran dan konsentrasi anak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Brianmac. (n.d.). http://www.brianmac.co.uk/vo2max.htm.
Feuerstein, G, Payne, L. (2010). Yoga For Dummies (2nd ed.). Wiley Publishing.
Fine, A & Kotkin, R. (2003). Therapist’s Guide to Learning and Attention Disorders. Academic Press.
Kauts, A & Sharma, N. (2012). Effect of Yoga on Concentration and Memory in Relation to Stress. International Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 1–14.
Kinasih, A. (2010). Pengaruh latihan Yoga terhadap Peningkatan Kualitas Hidup. In Jurnal Psikologi (Vol. 18). Universitas Gajah Mada.
Kintari. (2014a). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kintari, F. . (2014b). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah I Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Komitor, J.B & Adamson, E. (2000). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. Alpha Books.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suderman.
Nisa, U. (2008). Pengaruh Konsentrasi dan Usaha Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Mempelajari Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 SMA Srandakan Tahun Ajaran 2007/2008. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
P. Ningsih, K. Suranata, K. D. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik dengan Teknik Meditasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas X TITL 3 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling.
Risdianto, E. (2019). Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/332423142.
Shindu, P. (2015). Panduan Lengkap Yoga : Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. PT Mizan Pustaka.
Suharto. (1997). Strategi Pengembangan Pendidikan Jasmani Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kesegaran Jasmani Remaja. Kumpulan Makalah Kepala Pusat Kesegaran Jasmani Dan Rekreasi.
Supriyadi, P. W. &. (2018). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 460.
Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Elex Media Computindo.
Susanto, H. (2006). Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 46–51.
Virginia.edu. (n.d.). fitness-assessment-for-community-members-2.
Wirayasa, M. (2010). Yoga untuk Anak (13 Juli 20). Penerbit Yayasan bali India Foundation.
DOI: https://doi.org/10.31764/mj.v8i1.11732
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
_________________________________________________________
Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram
ISSN 2503-4340 (Print) | ISSN 2614-3364 (Online)
Email: [email protected] | Kontak: 081329321276
Tel/fax: (0370)-633723 / (0370)-641906
_________________________________________________________
MIDWIFERY JOURNAL is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Midwifery Journal terindeks di: