Peranan Pojok Baca Di Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN 2 SEDAU
Abstract
ABSTRAK: Pengabdian ini bertujuan untuk mengefektifkan peranan pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Informan dalam penelitian ini adalah guru pamong SDN 2 Sedau, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa dengan adanya pojok baca di perpustakaan memiliki peran yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Hal ini terbukti dari adanya penerapan pojok baca yang telah dibuat banyak peserta didik yang berantusias untuk membaca buku dan meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Peran pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa sebagai fasilitator tempat membaca yang dibuat dengan nyaman dan menarik perhatian siswa berdasarkan inisiatif mahasiswa KKN Pendidikan sehingga dari peran tersebut dapat mengembangkan pengetahuan dan kesadaran siswa untuk membaca buku.
Abstract: This service aims to streamline the role of reading corner to increas students' interest in reading in elementary schools.The informants in this research were teachers at SDN 2 Sedau, and the research instruments used were observation, interviews and documentation. The results of this study show that the existence of a reading corner in the library has a very important role for elementary school students. This is proven by the implementation of reading corners which have been created by many students who are enthusiastic about reading books and increasing elementary school students' interest in reading. The role of the reading corner in fostering students' interest in reading is as a facilitator of a reading place that is created comfortably and attracts students' attention based on the initiative of KKN Education students so that this role can develop students' knowledge and awareness of reading books.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1)
Coker, C., Greene, E., Shao, J., Enclave, D., Tula, R., Marg, R., Jones, L., Hameiri, S., Cansu, E. E., Initiative, R., Maritime, C., Road, S., Çelik, A., Yaman, H., Turan, S., Kara, A., Kara, F., Zhu, B., Qu, X., … Tang, S. (2018). OPTIMALISASI FUNGSI POJOK BACA DIKELAS I SD MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG SEBAGAI PENUMBUHKENALKAN BUDAYA MEMBACA. Transcommunication, 53(1), 1–8.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Jamaludin, U. (2023). peran pojok baca terhadap keefektipan minat baca siswa. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 4(1), 88–100.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Nuswantari, N. F., & Manik, Y. M. (2023). Membudayakan Gemar Membaca Melalui Pojok Baca Sekolah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 144–149. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2378
Pgri, U., & Tuban, R. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Wendri Wiratsiwi Info Artikel Abstrak. 10.
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Saputri, R. N., Pradana, F. G., Apriliyanto, E., Pendidikan, I., & Surakarta, U. M. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. 2017, 103–111. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.40
Sinaga, I. F., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1–11.
Wulandari, P., Nurhaedah, & Raihan, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Sekolah Dasar. Pinisi: Journal of Education, 2(6), 8–19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)