PENDAMPINGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KENDALA DALAM PEMBELAJARAN REGULER SMPN 2 LABUAPI

Nursina Sari, Intan Dwi Hastuti, Muhammad Nizaar, Zikrina Hidayati, Rozita Warni, Fitrah Utami Putri, Zahwa Laila Fazia

Abstract


ABSTRAK. Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan potensi manusia, termasuk keterampilan berbicara bagi peserta didik yang memiliki kendala dalam pembelajaran reguler. Anak berkebutuhan khusus (ABK) sering menghadapi hambatan dalam komunikasi, yang berdampak pada perkembangan sosial dan akademik mereka. Program pendampingan keterampilan berbicara ini bertujuan untuk membantu peserta didik di SMPN 2 Labuapi agar lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi secara efektif. Metode yang digunakan meliputi observasi, koordinasi dengan pihak sekolah, penyusunan materi, serta pendampingan secara individu dan kelompok. Latihan berbicara dan simulasi berbagai situasi diterapkan untuk meningkatkan keterampilan siswa. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan pemberian umpan balik guna mengukur efektivitas program. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam keberanian dan keterampilan berbicara peserta didik, yang berkontribusi pada peningkatan interaksi sosial dan prestasi belajar mereka.

Abstract: Education plays an important role in developing human potential, including speaking skills for students who have difficulties in regular learning. Children with special needs (ABK) often face barriers in communication, which impacts their social and academic development. This speaking skills mentoring program aims to help students at SMPN 2 Labuapi to be more confident and able to communicate effectively. The methods used include observation, coordination with the school, preparation of materials, and individual and group mentoring. Speaking exercises and simulations of various situations are applied to improve students' skills. Evaluation is carried out through observation and feedback to measure the effectiveness of the program. The results of the activities showed an increase in students' courage and speaking skills, which contributed to improving their social interactions and learning achievements. 


Keywords


Learning Strategy, Children with Special Needs, Speaking Skills

Full Text:

PDF

References


Bening Permata, T., & Putro Zarkasih, K. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklus. Jurnal Basicedu, 6(5), 9096–9104. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Chayati12345. (2021). Komunikasi Guru Dan Orang Tua Siswa Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sdi Al-Ittihad Tukum Tekung Lumajang. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 113–139. https://doi.org/10.19105/rjpai.v2i2.4774

Deviyanda, F., Hendriani, S., Demina, D., Imamora, M., & Fazis, M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Berbasis Digital Pasca Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.633

Dongoran, F. R., Simanungkalit, L. M., Dewi, L. R., Sinaga, E. S., & Tarigan, I. P. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 75–81. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5073

Iswari, M., Efrina, E., Kasiyati, K., & Mahdi, A. (2018). Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 39. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.310

Lindemann, O. (2020). Artikel 21. In Ausführungsgesetz zum Bürgerlichen Gesetzbuche vom 20. September 1899 (pp. 76–78). https://doi.org/10.1515/9783111634487-016

Marzuqi, I. (2019). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru(PLPG) Mapel Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sudirman, S., Gunayasa, I. B. K., Widiada, I. K., Zain, M. I., & Amrullah, L. W. Z. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Dan Publikasi Artikel Bagi Guru Guru Sd Gugus V Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 179–183. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.201

Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512

Widiastuti, D. (2014). Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Autisme Di Slb Negeri Semarang Tahun 2014. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 72–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)