PROGRAM BELAJAR KREATIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI SISWA DI SDN 3 SEKOTONG TENGAHPROGRAM BELAJAR KREATIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI SISWA DI SDN 3 SEKOTONG TENGAH
Abstract
Rendahnya tingkat literasi siswa sekolah dasar masih menjadi isu serius dalam dunia pendidikan. Kondisi ini ditemukan di SDN 3 Sekotong Tengah. Siswa menghadapi keterbatasan akses bacaan dan rendahnya motivasi membaca dan untuk menjawab tantangan tersebut, dilaksanakan Program Belajar Kreatif melalui pengabdian masyarakat oleh mahasiswa PLP II Terintegrasi KKN-Dik. Program ini mencakup kegiatan Rabu Baca Teras, Menulis Kreatif, Pembiasaan Membaca di awal pembelajaran, Sabtu Kreatif, dan Pojok Baca. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan interaktif dengan melibatkan siswa kelas III–VI serta guru sebagai pendamping. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada minat baca, kemampuan menulis, keberanian berbicara, serta kreativitas siswa. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat budaya literasi sekolah dengan menyediakan akses bacaan yang lebih variatif dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Program Belajar Kreatif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa dan membangun kepercayaan diri, sehingga layak dijadikan model pengembangan literasi di sekolah-sekolah dasar terutama di wilayah pedesaan.
Kata Kunci: Literasi, Program Belajar Kreatif, Sekolah Dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, A., Tantri, S., Putu, I., & Dewantara, M. (2017). Ade Asih Susiari Tantri, I Putu Mas Dewantara. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209.
Bala, A., Genua, V., Larasati, M. M. B., & Demon, Y. (2024). Literasi Dasar Bagi Para Siswa Sekolah Dasar. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30–37. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3130
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.
History, A. (2023). Article History accepted xx/xx/xxx approved xx/xx/xxx published xx/xx/xxx. 6(Snip 2022), 625–631.
Ilma, T., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai Kegiatan Membaca Untuk Memicu Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 41. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2708
Mannan, A., Gustiar, S. P., Gani, R. A., Kom, S., Purnomo, A., Abbas, I., Fudial, S. P., Fitriyah, S. A., Wissang, I. O., & Kanusta, M. (2023). Pendidikan literasi. Selat Media.
Nirmala, B. E., Risfaida, N., Lucky, K., Putri, A. N., Agustino, A. Z. D., Jusianah, D., Agustina, R., Meylinas, K. V., & Mustakim, R. (2025). Strategi Pengembangan Literasi Anak Melalui Pengadaan Ruang Bermain Edukatif Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(3), 782–786.
Permana, A. C., & Agustiana, V. (2025). Festival Kreativitas dan Teknologi (FESTIK): Inovasi Pembelajaran Kreatif dan Digital di SDN 1 Jatimulya. Bakti Lestari, 1(2), 156–161.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 148, 146–156.
Romadhona, D. P. W., Norliana, N., Resnawati, R., Misnawati, M., Nurachmana, A., Christy, N. A., & Mingvianita, Y. (2023). Implementasi dan problematika gerakan literasi di SD Negeri 2 Palangka. Journal of Student Research, 1(1), 114–128.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364.
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST.
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Tterhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Triani Triani, Nurdhiana Nurdhiana, Tri Bodroastuti, Fitri Absari, Rosy Febriyanti, Paundra Maulana, & Tjandra Tirtono. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Al-Hikmah Melalui Program Literasi Kreatif. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(5), 01–13. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i5.668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ABDIBASINDO)