Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Media Digital
Abstract
This study aims to identify, synthesize, and critique empirical findings related to the role of elementary school teachers in improving students' learning comprehension through the use of digital media. Using a library research approach based on integrative literature review, this study examined various national and international literatures published between 2015 and 2024 from Scopus, Google Scholar, DOAJ, and Scispace databases. The review showed that digital media positively contributes to students' understanding, especially in simplifying abstract concepts into concreteness through visual and interactive displays. Teachers play a central role as facilitators and learning designers, but still face challenges such as limited facilities and low digital literacy. Strengthening strategies through TPACK training, learning communities, and school policy support are potential solutions. This study recommends developing a practice-based training model to strengthen teachers' digital competencies on an ongoing basis, as well as exploring the effectiveness of local culture-based media to enhance inclusive and contextualized learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mensintesis, dan mengkritisi temuan empiris terkait peran guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui pemanfaatan media digital. Menggunakan pendekatan library research berbasis integrative literature review, studi ini mengkaji berbagai literatur nasional dan internasional yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2024 dari database Scopus, Google Scholar, DOAJ, dan Scispace. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa media digital berkontribusi positif terhadap pemahaman siswa, khususnya dalam menyederhanakan konsep abstrak menjadi konkret melalui tampilan visual dan interaktif. Guru memainkan peran sentral sebagai fasilitator dan desainer pembelajaran, namun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan rendahnya literasi digital. Strategi penguatan melalui pelatihan TPACK, komunitas belajar, serta dukungan kebijakan sekolah menjadi solusi potensial. Studi ini merekomendasikan pengembangan model pelatihan berbasis praktik untuk memperkuat kompetensi digital guru secara berkelanjutan, serta eksplorasi efektivitas media berbasis budaya lokal guna meningkatkan pembelajaran yang inklusif dan kontekstual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifah, L., Nugroho, R., & Wulandari, S. (2022). Kesiapan guru SD dalam penggunaan media digital interaktif di daerah pinggiran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 23–35. https://doi.org/10.24815/jpdn.v8i1.24567
Fadillah, R. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Android terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 112–121. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.14588
Kusumawati, D., & Hadi, S. (2021). Kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis TPACK di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/jipgsd.v16i1.26450
Lestari, R., & Huda, M. (2020). Tantangan guru dalam implementasi media digital di era revolusi industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 87–96. https://doi.org/10.21009/jip.v4i2.20347
Nugraha, Y., & Mulyani, E. (2023). Analisis efektivitas media digital terhadap pemahaman konsep siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Digital, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/jptd.v9i1.30022
Putra, A. D., & Fitria, A. (2022). Peran guru dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis digital. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 10(3), 102–113. https://doi.org/10.23887/jpdh.v10i3.28371
Putri, S., & Astuti, N. (2022). Media interaktif digital dan dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 67–76. https://doi.org/10.21009/jip.v6i1.26491
Rahmah, N., & Sutisna, T. (2023). Strategi guru dalam penggunaan media digital berbasis konteks lokal di SD. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 7(2), 55–68. https://doi.org/10.21009/jkp.v7i2.27001
Rahman, H., Dewi, N. P., & Salim, A. (2021). Pengaruh platform digital terhadap pemahaman siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.21009/jtpd.v5i1.22103
Sari, F. M., & Wahyuni, N. (2023). Peningkatan pemahaman siswa melalui media digital berbasis audio visual. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Kurikulum, 11(2), 120–130. https://doi.org/10.21009/jpik.v11i2.29545
Susanti, R., & Nurul, H. (2021). Efektivitas video animasi dalam meningkatkan pemahaman siswa SD pada materi IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(3), 145–153. https://doi.org/10.23887/jipi.v8i3.25124
Widodo, T., & Hartati, S. (2021). Keterbatasan infrastruktur digital di sekolah dasar dan dampaknya terhadap proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 16(2), 78–89. https://doi.org/10.21009/jipd.v16i2.25912
Refbacks
- There are currently no refbacks.