Analisis Kesiapan Digital Mahasiswa Pgsd Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar
Abstract
This study aims to analyze the digital readiness of Elementary School Teacher Education (PGSD) students in implementing the Merdeka Curriculum. The approach used is library research by reviewing scientific articles from various indexed databases, such as Google Scholar, Scispace, Elicit, Scite.ai, and Perplexity, with a publication range of 2015-2025. Analysis was carried out through thematic methods to identify patterns of readiness, inhibiting and supporting factors. The study results show that PGSD students generally have good information literacy, but are still limited in their ability to produce digital content and utilize learning technology based on the Merdeka Curriculum. Inhibiting factors include the lack of practice-based training, limited infrastructure, and lack of awareness of digital ethics. On the other hand, LMS support, digital microteaching practices, and the role of lecturers are significant supporting factors. The findings suggest that digital readiness has direct implications for students' pedagogical capacity as future teacher leaders. This study recommends the need for further research in the form of developing contextualized training models, action research, and longitudinal and comparative studies to strengthen the transformation of teacher education in Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan digital mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan adalah library research dengan menelaah artikel ilmiah dari berbagai basis data terindeks, seperti Google Scholar, Scispace, Elicit, Scite.ai, dan Perplexity, dengan rentang publikasi 2015–2025. Analisis dilakukan melalui metode tematik untuk mengidentifikasi pola kesiapan, faktor penghambat, dan pendukung. Hasil kajian menunjukkan bahwa mahasiswa PGSD umumnya telah memiliki literasi informasi yang baik, namun masih terbatas dalam kemampuan produksi konten digital dan pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Faktor penghambat meliputi minimnya pelatihan berbasis praktik, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya kesadaran etika digital. Di sisi lain, dukungan LMS, praktik microteaching digital, dan peran dosen menjadi faktor pendukung signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa kesiapan digital berimplikasi langsung terhadap kapasitas pedagogis mahasiswa sebagai calon guru penggerak. Kajian ini merekomendasikan perlunya riset lanjutan dalam bentuk pengembangan model pelatihan kontekstual, riset tindakan, serta studi longitudinal dan komparatif untuk memperkuat transformasi pendidikan guru di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adyanti, A. M., Fitria, A. R., & Rachman, I. F. (2024). Pengembangan Kurikulum Berorientasi Literasi Digital: Upaya Menuju Masa Depan Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 385–393.
Hizam, H., Ghazali, M., & Mohd Yusoff, S. H. (2021). Impact of teacher’s digital competencies on effective e-learning: Evidence from higher education institutions. arXiv.
Isrokatun, I., Pradita, A. A., Ummah, S. A., Amalia, D. Y., & Salsabila, N. S. (2022). Digital literacy competency of primary school teacher education department student as the demands of 21st century learning. Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 9(3), 466–483.
Lucero, M. A., Figueroa, K. A., & Delgado, C. (2022). Preservice teachers’ readiness for online learning and teaching: A comparative study of digital competencies. arXiv.
Lakapu, W., Tanggur, F. S., & Benu, A. Y. (2023). Analisis strategi guru dalam menerapkan literasi digital pada pembelajaran Kurikulum Merdeka di kelas IV SD Negeri Batuplat 2 Kota Kupang. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. … (n.d.).
Mustofa, D., Darmayanti, I., Pramono, A., Saputra, D. I. S., Kusuma, V. S., & Apitiadi, S. D. (2023). Pelatihan literasi digital bagi guru SD N 1 Toyareka guna mendukung pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 7(1). https://doi.org/10.33480/abdimas.v7i1.5949
Ning, X., & Danso, A. (2025). Teachers’ readiness and challenges in integrating digital technology in curriculum reforms: Global perspectives.
Ngafifurrohman, N., Sembiring, M. G., & Alimuddin, J. (2024). Pengaruh literasi digital, literasi informasi, dan literasi media pada guru sekolah dasar terhadap keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i1.14820
Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi pengembangan kompetensi calon guru SD terhadap penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5308
Rahim, A., Permatasari, A., & Prasetyo, H. (2023). Analisis literasi digital mahasiswa PGSD dalam pembelajaran berbasis teknologi. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Sosial Humaniora (SENASSDRA), 5(1), 147–153. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4269
Rosa, I. M. (2024). Pelatihan pengembangan media pembelajaran informatika Kurikulum Merdeka bagi guru sekolah dasar. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 45–52.
Rachman, A. R., Widya Rini, T. P., Ferdiansyah, A., Mulya Budi Harsono, A., Hidayat, A., & Rizqi, M. (2024). Implementasi literasi digital dalam pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1).
Rahmatika, A. W., & Nadlir, N. (2023). Kreativitas guru dalam mengembangkan media berbasis digital pada Fiqih Kurikulum Merdeka di MI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 763–768. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.685
Septiana, A. R., & Hanafi, Y. (2022). Analisis literasi digital guru sekolah dasar dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Susanti, L., Gistituati, N., Anisah, A., & Widiawati, W. (2024). Strategi peningkatan literasi numerasi berbasis digital bagi guru SD sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdi Masyarakat, 8(1). https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6148
Refbacks
- There are currently no refbacks.