ANALISIS KESESUAIAN BAHAN AJAR IPA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD N 2 CEMPAGA

Ni Kadek Sri Adiari, I Ketut Dedi Agung Susanto Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian bahan ajar IPA yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N  2 CEMPAGA. Subjek penelitian ini adalah seluruh buku IPA kelas V SD N 2 CEMPAGA, dengan sampel penelitian yaitu buku tema 3 makanan sehat, subtema 1 bagaimana tubuh mengelola makanan pada pertemuan 1, 2 dan 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar analisis dengan daftar chek-list berdasarkan skala likert. Hasil dari penelitian ini, yaitu tingkat kesesuaian bahan ajar IPA yang diterapkan dalam proses pembelajaran di Kelas V SD N 2 CEMPAGA adalah sebesar 77,38%.


Keywords


Bahan Ajar Tingkat kesesuaian RPP Jenis bahan ajar

Full Text:

PDF

References


1341-4323-1-SM. (2018). Jurnal pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Daerah, volume 7,(ANALISIS KESESUAIAN ANTARA BAHAN AJAR, PELATIHAN, DAN EVALUASI PADA LKS BAHASA INDONESIA UNTUK SMA DENGAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA).

Safitri, A. (n.d.). ANALISIS KESESUAIAN TUJUAN KURIKULUM PADA BUKU TEKS PELAJARAN IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 2 UNTUK DIINTEGRASIKAN DENGAN MATERI TSUNAMI.

(“177-Article Text-485-1-10-20200929,” 2020)177-Article Text-485-1-10-20200929. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian, vol 1 NO.5(PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA).

(Teori & Teoretis, 2017)Teori, K., & Teoretis, A. K. (2017). BAB II.

Kurniawan, Prasetyo Yli. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Zendrato, Juniriang. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di kelas, Jurnal Scholaria.

Fairuz, Tariza. (2019). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Ajar Kelas V SD/MI Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan Dasar.

Andi Prastowo. 2010. Menguasai Teknikteknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press.

(Latifah & Utami, 2019)Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology Development Of Interactive Physics Teaching Iptek. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 36–45.

Sugiono. (2016). metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. bandung: alfabet

Pelajaran Bahasa, M., Sma, I., & Xi, K. (n.d.). BAB II KAJIAN TEORETIS 2.1 Kedudukan Pembelajaran Mendeskripsikan Watak Pelaku Melalui Dialog Naskah Drama Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam

(Macam-Macam Bahan Pengajaran Untuk Kegiatan Belajar Mengajar, n.d.)

(Wawancara Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tahap, Dan Tips | Populix, n.d.)Wawancara Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tahap, dan Tips | Populix. (n.d.). Retrieved October 6, 2022, from https://info.populix.co/articles/wawancara-adalah/

(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas, n.d.)Rencana pelaksanaan pembelajaran - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved October 6, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_pelaksanaan_pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: