PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Amanda Anggie Novyani, Tatang Muhajang, Yuli Mulyawati

Abstract


Tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dengan media ular tangga dan media pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Bojonggede 06 Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain dua kelompok diberikan perlakuan yang berbeda Populasi penelitian pada peserta didik kelas IV-A dan IV-C SDN Bojonggede 06 Kabupaten Bogor teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data mengenai hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 24 soal dengan empat alternatif jawaban. Pada analisis pendahuluan menggunakan statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan data masing-masing variabel yang telah terkumpul dari sampel penelitian yang meliputi penyajian data melalui tabel, grafik, diagram, dan penghitungan modus, median, mean, varians sampel, dan standard deviasi. Hal tersebut didasarkan pada hasil perhitungan uji hipotesis kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar sebesar 10,526 dengan signifikansi 0,000. Didapatkan t tabel dari db 31 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,042. Jadi nilai t hitung > t tabel (10,526>2,042) dan nilai signifikansinya kurang dari  0,05 (p = 0,000 < 0,05)., sehingga dapat dikatakan bahwa media ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar tema 7 indahnya keragaman di negeri ku pada siswa kelas IV SDN Bojonggede 06 Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil hipotesis dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dengan media ular tangga dan media pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Bojonggede 06 Kabupaten Bogor.


Keywords


Media Ular Tangga, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Buku

Arsyad Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Baiquni Imam. 2016. Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, hal. 195.

Jihad Asep, Haris Abdul. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Prenadamedia Group.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jurnal

Adam Steffi dan Syastra Taufik Muhammad. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Bagi Sisiwa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal ISSN 2337-8794, Vol 3 No 2, 2015:79.

Aliyyah RR, Malia Y. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melaluai Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sifat-sifat Cahaya. Dikdaktika Tauhidi, ISSN 2442-4544 Vol. 3 No. 2, 2016:86.

Chrystanti Cahaya Yulanita, Sukadi. 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi ISSN 2088-0154 Vol.7 No. 3, hal.25.

Iskandar. 2017. Peningkatan Partisipasi Aktif Dan Hasil Belajar Kelas VILE Dalam Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. ISSN 2548-5555, Vol. 2 No. 2,hal.50.

Mar’atusholihah Herlinda, Priyanto Wawan. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Udiksha, ISSN 2614-4727, Vol. 7 No. 3, hal. 255.

Sibuea Larasati Fitri Mustika, Sinaga Ellyany Dorthy Hommy. 2018. Pengembangan Media pembelajaran Ular Tangga Aljabar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, ISSN 2527-4295, Vol. 6 No. 2,:10.

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Vol. 11 No. 1,:134.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: