PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU
Abstract
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi desain du akelas. Tujuan penelitian yakni mampu mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual pada kelas ekperimen yakni kelas IV A dan penerapan model konvensional terhadap kelas kontrol yakni kelas IV B. Subjek berjumlah 73 peserta didik. Waktu pelaksanaan di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil peneilitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu terdapat pada nilai N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 74 termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 90%, lalu dipeoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas kontrol yaitu 64 termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai ketuntasan hasil belajar 77%. Uji hipotesis menyatakan H0 ditolak serta Ha (Hipotesis alternatif) diterima karena dengan nilai thitung (80,2568) > ttabel (2,00030) dengan dk 72 dan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan adanya perbedaan dalam penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsil, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38.
https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19138
Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar.Jpsd,4(1),91–101. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2776
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Jurnal Pendidikan PGSD, 8(3), 342–350.
Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, c.2(April).
Napsiah, I., Muncarno, M., & Efendi, U. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 61–70. https://doi.org/10.23960/pdg.v9i1.23171
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72
Nurlia, S., Werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh model problem based learning disertai media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum newton dan penerapannya di kelas X SMAN 5 model palu. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 47–54.
Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689
Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Risdah Damayanti, Muharram, A. A. (2021). Pengaruh Media Audiovisual pada Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar ( Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia ) The Influence of Audiovisual Media in Problem Base. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 2, 89–98.
Sukmanasa, E., & Damayanti, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema Kegemaranku Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPPGuseda| Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.989
Suwarni, N. W. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn. Mimbar Ilmu, 24(3), 330. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467
Virgiana, A., & Wasitohadi, W. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sdn 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100.https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: