MODEL INTERAKSI KOMUNIKASI PEMBELAJARANSD/MI

Hermansyah Hermansyah, Angga Saputra

Abstract


Abstrak: Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi belajar mengajar, pola interaksi dalam hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan model yang di gunakan seorang pendidik dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Interaksi komunikasi dalam pembelajaran memiliki arti yang luas tidak sekedar hubungan guru dan siswa, tetapi berupa interaksi edukatif dalam hal ini bukan hanya sekedar penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar. Pola Interaksi dan komunikasi dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berlangsung, baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Namun interaksi yang penulis maksud di sini adalah interaksi komunikasi pembelajaran yang berlangsung secara khusus dengan ketentuan ketentuan tertentu di lingkungan sekolah lazim disebut interaksi belajar mengajar. Interaksi belajar mengajar mengandung arti adanya kegiatan interaksi dan komunikasi oleh guru yang melaksanakan tugas mengajar disatu pihak, dengan warga belajar (siswa, anak didik/subjek belajar) yang sedang melaksanakan kegiatan belajar.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Bahri, Syaiful, 2000,Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurohman dan Sulistyorini,2012, Belajar Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Teras.

Iriantara, Yosal, ,2014, Komunikasi Pemebelajaran, Bandung: Remaja rosdakarya.

Majid, Abdul,2016, Strategi Pemebelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mushfi,2017, Jurnal Pedagogik, Vol.04 No.02, Juli-Desember.

Mestika Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Naim, Nginun, Dasar-Dasar Komunikasi Pembelajaran, 2016, Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, 2007, Jakarta: PT.Raja grafindo persada.

Sardirman, Interaksi dan Motivasi belajar,2004,Mengajar Jakarta: Raja Grafindo persada.

Syarif,Mohamad, 2015, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafido Persada.

Sumadi Suryabrata. 1988. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafido Persada.

Usman, Uzer, Moh, 2005, Menjadi Guru Profesional,Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrillah, Rulli, 2014, Komunikasi antar Budaya,Jakarta: Kencana prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v2i1.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: