PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

Ernawati Ernawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan desain Non Equivalent Kontrol Group Design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari nilai mean posttest kelas eksperimen sebesar 83.80%, sedangkan mean posttest kelas control sebesar 78.80%. indeks gain <g> kelas eksperimen sebesar 0.69 sedangkan indeks gain <g> kelas control sebesar 0.59. hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,388) > Ttabel (2,052) dan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.014 yang berarti model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara positif dan signifikan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa Sekolah Dasar Hikmah II Yapis Kota Jayapura Provinsi Papua Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar.

Keywords


Kata kunci:Model PBL, Konsentrasi Belajar, Tematik Terpadu, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Al, AM dkk. (2018) Pengaruh Video Edukasi Animasi Pendek Terhadap Pengetahuan Pada Penderita Glaukoma. hal 805-810.

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.

Arends. RI. (2012). Belajar Mengajar, Edisi Kesembilan. Amerika, New York : McGraw-Hill Companies, Inc.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

OECD. (2013). Draft Kerangka Kerja Matematika PISA 2015. Paris: Penerbitan OECD.

OECD. (2019). Penilaian PISA 2018 dan Kerangka Analisis PISA. Paris: OECD

Rusman. (2012). Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta, CV.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).

Jurnal

Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.26858/progresif.v1i2.28570 .

Aker, M., Herrera, L.J.P., & Daniel. (2018). Kembali ke masa depan: Implikasi layanan dan pembelajaran berbasis masalah dalam bahasa, literasi, dan akuisisi budaya siswa ESOL di abad ke-21. Matriks Membaca: Jurnal Online Internasional, 18(2). https://doi.org/https://d1wqtxts1xzle7.

Budhi, W., Wulandari, NI, & Wijayanti, A. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Siswa. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 51. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538 .

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – QRCode Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894 .

Fauzia, HA (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas dan Keliling bangun datar kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Calon, 6(1). https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788 .

Hidayah, N. (2015) Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2, No. 1, https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Online Sebagai Alternatif Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262 .

Malmia, W., Makatita, SH, Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, MCB (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Internasional Penelitian Ilmiah dan Teknologi, 8(9), 1140-1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426 .

Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Konsep Buffer Solution di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 94–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6587 .

Nelli, E., Gani, A., & Marlina, M. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning pada Kelarutan dan Kelarutan Produk untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/123051-IDimplementation-model-problem-based-learnin.pdf .

Ningsih, PR, Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3 (12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799 .

Nofriyanti, Y., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru PAUD Dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.262 .

Nugraha, MI, Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Pinisi, 1(2). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908

Permatasari, BD, Gunarhadi, & Riyadi. (2019). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Internasional Evaluasi dan Penelitian dalam Pendidikan, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594 .

Puyada, D., & Putra, RR (2018). Analisis Meta Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Invotek: Jurnal Inovasi Kejuruan Dan Teknologi, 18(2), 9–16. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.257.

Rais, AA, & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Penerapan Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787 .

Saputro, OA, & Rahayu, TS (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719 .

Setyowati, Y. (2010). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi pokok fotosintesis untuk siswa kelas viii a smp muhammadiyah 3 depok tahun ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumitro, AH, Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936 .

Supardi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIA SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600 .

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Belajar Berpikir dan Pengembangan, 4 (2), 261-266. http://ejournaljp3.com/index.php/Education/article/view/409/253 .

Wahyuni, S., & Anugraheni, I. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magister: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jilid 7, No. 2, https://doi.org/10.35724/magistra.v7i2.2981.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: