PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DITINJAU DARI HASIL BELAJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al, AM dkk. (2018) Pengaruh Video Edukasi Animasi Pendek Terhadap Pengetahuan Pada Penderita Glaukoma. hal 805-810.
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.
Arends. RI. (2012). Belajar Mengajar, Edisi Kesembilan. Amerika, New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
OECD. (2013). Draft Kerangka Kerja Matematika PISA 2015. Paris: Penerbitan OECD.
OECD. (2019). Penilaian PISA 2018 dan Kerangka Analisis PISA. Paris: OECD
Rusman. (2012). Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta, CV.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).
Jurnal
Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.26858/progresif.v1i2.28570 .
Aker, M., Herrera, L.J.P., & Daniel. (2018). Kembali ke masa depan: Implikasi layanan dan pembelajaran berbasis masalah dalam bahasa, literasi, dan akuisisi budaya siswa ESOL di abad ke-21. Matriks Membaca: Jurnal Online Internasional, 18(2). https://doi.org/https://d1wqtxts1xzle7.
Budhi, W., Wulandari, NI, & Wijayanti, A. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Siswa. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 51. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538 .
Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – QRCode Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894 .
Fauzia, HA (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas dan Keliling bangun datar kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Calon, 6(1). https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788 .
Hidayah, N. (2015) Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2, No. 1, https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Online Sebagai Alternatif Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262 .
Malmia, W., Makatita, SH, Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, MCB (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Internasional Penelitian Ilmiah dan Teknologi, 8(9), 1140-1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426 .
Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Konsep Buffer Solution di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 94–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6587 .
Nelli, E., Gani, A., & Marlina, M. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning pada Kelarutan dan Kelarutan Produk untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/123051-IDimplementation-model-problem-based-learnin.pdf .
Ningsih, PR, Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3 (12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799 .
Nofriyanti, Y., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru PAUD Dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.262 .
Nugraha, MI, Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Pinisi, 1(2). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908
Permatasari, BD, Gunarhadi, & Riyadi. (2019). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Internasional Evaluasi dan Penelitian dalam Pendidikan, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594 .
Puyada, D., & Putra, RR (2018). Analisis Meta Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Invotek: Jurnal Inovasi Kejuruan Dan Teknologi, 18(2), 9–16. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.257.
Rais, AA, & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Penerapan Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787 .
Saputro, OA, & Rahayu, TS (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719 .
Setyowati, Y. (2010). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi pokok fotosintesis untuk siswa kelas viii a smp muhammadiyah 3 depok tahun ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sumitro, AH, Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936 .
Supardi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIA SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600 .
Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Belajar Berpikir dan Pengembangan, 4 (2), 261-266. http://ejournaljp3.com/index.php/Education/article/view/409/253 .
Wahyuni, S., & Anugraheni, I. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magister: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jilid 7, No. 2, https://doi.org/10.35724/magistra.v7i2.2981.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: