Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi

Siti Rohani

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Rangkep pada tema 7 perkembangan teknologi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, dan pelaksana tindakan. Penelitiian ini dilaksanakan di SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 20 siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan ketuntasan belajar secara individual dan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap-tiap siklus, dari 35% pada pratindakan meningkat menjadi 60% pada siklus I, peningkatan kambali terjadi pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III pada tahun pelajaran 2019/2020.

Abstract: The purpose of this research is to improve the simple writing skills of grade III students at SDN Rangkep on the theme of 7 technological developments using image media. This research is a class action research with stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. In this research researchers act as Action designers, and implementing action. This research was conducted at SDN Rangkep, North Batukliang District, Central Lombok District with a study subject of grade III students as much as 20 students. Data analysis to determine the increase in student learning outcomes is determined by individualized and classical learning. The results showed that the classical guidance of student learning results increased in each cycle, from 35% in the preview increased to 60% in the I cycle, the increase of k occurs in cycle II to 100%. Based on the results of the study, it can be concluded that the use of image media can improve the writing skills of class III students in the year 2019/2020 lesson.

Keywords


1 Media Gambar 2 Menulis Karangan Sederhana

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan

Ahmad Rofi’uddin & Darmiyati Zuchdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Subana M dan Sunarti (1998) Strategi belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Seminar Nasional IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, h.

-396, Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v2i1.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: