Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS)Siswa Kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 2 Suntu Kota Bima. Adapun sampel yang diambil yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan IVb sebagai kelas control. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakanmodel pembelajaran Carousel Feedback, sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan Saintifik.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang diajarkan model pembelajaran Carousel Feedback dengan pendekatakan saintifik. HOTS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Carousel Feedback(x ̅ = 74,60) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik (x ̅ = 53,57).
Abstrak:This study aims to determine the effect of Carousel Feedback Learning Model on Higher Order Thinking Skills (HOTS) for class IV students of SDN 2 of Suntu, City Bima. This type of research is a quasi experiment using nonequivalent control group design. The study population was grade IV students at SDN 2 Suntu Kota Bima. The sample taken was class IVa as the experimental class and IVb as the control class. The experimental class was taught using the Carousel Feedback Learning Model, while the control class was taught using the Scientific Approach. The data in this study were analyzed using MANOVA. The results showed that there were significant differences in Higher Order Thinking Skills (HOTS) between students who were taught using Carousel Feedback Learning Model and Scientific Approach. HOTS students who are taught with the Carousel Feedback Learning Model (x ̅ = 74.60) are higher than students who are taught with a Scientific Approach (x ̅ = 53.57).Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson,L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds). 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan : Agung Prihantoro.Yogyakarta :Pustaka Belajar. (Buku asli diterbitkan tahun 2001).
Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode PembelajaranKreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kagan, S. dan Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.
Karubulut, U.S. 2012. How to Teach Critical-thinking in social studies education: An Examination of Three NCSS Journals. Eurasian Journal of educational Research, 49: 197-214.
Kauchak, D.P. & Eggen, P.D. 1998. Learning and Teaching: Research based methods (3rd ed). Boston allyn and Bacon.
King FJ, Goodson, Rohani. 2016. Higher Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment. Apublication of the educational Services Program. www.cala.fsu.edu.
Mahananigtyas, E. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Efikasi Diri Siswa. (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/23829).
Masrofik. 2013. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback (studi pada kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo). Tesis tidak diterbitkan. Malang. Pascasarjana UM.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, R., Asbar, A.I. & Masruhim, M.A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja Dalam Menyusun Laporan Siswa SMA. Journal Pendidikan, 1 (11): 2172-2177.
Nuh, M. 2015. Pendidikan Sains Pembelajaran Dan Penilaian Sains Sesuai Kurikulum 2013. Disampaikan Pada Seminar Nasional Di Universitas Negeri Surabaya, 20 Januari 2017.
Sa’dijah, C. 2007. Sikap Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan Dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 36(2): 133-146.
Surya, M. 2015.Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shukla, D. & Dungsungnoen, A.P. 2016. Students Perceived Level and Teachers Teaching Strategies of Higher Order Thinking Skills; A Study on Higher Educational Institution in Thailand. Journal of education and Practice, 7 (12): 211-219.
Williams, H.A. & Lawson, M.J. 2005. Students’ Knowledge About The Value Of Discussions For Teaching and Learning. Social Psychology Of Education, 8: 83-115.
Yusmanto, H., Soetjipto, B. E. & Djatmika, E.T. 2017. The Application of Carousel Feedback and Round Table Cooperative Learning Models to Improve Student’s Higher Order Thinking Skills (HOTS) and Social Studies Learning Outcomes. International Education Studies; Vol. 10, No. 10; 2017. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/download/68193/38684.
Zohar, A. 2004. Element Of Teacher’ Pedagogical Knowledge Regarding Instructional Of Higher OrderThinking. Journal Of Science Teacher Education, 15(4): 293-312.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v2i2.1300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: