PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN O6 PAJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran terpadu. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki serta meningkatkan hasi belajar siswa. Adapun poulasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 06 pajo. Sampel penelitian yaitu siswa kelas III SDN 06 Pajo yang berjumlah 27 Siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data hasil penelitian diperoleh dari data awal hasil belajar siswa melalui pemberian pretest, kemudian data observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta data hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran terpadu. Data awal hasil belajar siswa pada materi membaca cerita pendek sebelum diterapkan model pembelajaran terpadu memperoleh rata-rata nilai klaksikal 65. Kemudian hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran terpadu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata klaksikal 71 dengan kategori belum tuntas. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata klaksikal 83 dengan kategori tuntas atau lebih dari 75% siswa telah mencapai nilai >70 sesuai KKM. Berdasarkan data tersebut, maka dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran terpadu. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran terpadu terdiri dari aktivitas siswa siklus I dan Siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase ketuntasan aktivitas siswa sebesar 65% dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 85% dengan kategori baik. berdasarkan data penelitian tersebut, diketahui adanya peningkatan aktivitas siswa mulai siklus 1 pertemuan ke-1 sampai dengan siklus II pertemuan ke-2 sebesar 40% meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
U. Murfiah, “Model Pembelajaran Terpadu dan Pendekatan Saintifik dalam Creativity Building for Students pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung,” pp. 1–23, 2016.
Hasnawati, “Sistem pembelajaran terpadu di sekolah,” pp. 1–13.
A. Safitri and L. Amelia, “Implementasi Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Negeri Ladong Aceh Besar.”
Y. H. Oktavia, “Implementasi Pembelajaran Terpadu dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan: Tinjauan Literatus Sistematis.,” vol. 6, 2021.
H. Somantri, “Penerapan Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.”
T. Fathani, “Penerapan model pembelajaran terpadu bentuk jaring laba-laba (webbed) untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema lingkungan,” 2013.
Yulinar, G. Witri, and H. Marhadi, “Penerapan Model Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 010 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu,” pp. 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i2.15443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: