UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA TEMA 7 PERSITIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD

Fanny Alisha, Safrida Nappitupulu

Abstract


Penelitian ini penulis lakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode PJBL pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan di kelas 5 SD Nurhasanah Garu I. Penilitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yang berorientasi pada obeservasi segala aktivitas siswa dan melakukan evaulasi di setiap siklus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswa kelas 5 SD Nurhasanah Garu 1 Medan mengalami peningkatan belajar yang cukup signifikan. Data menunjukkan bahwa siswa yang belajar tematik dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 mengalami kenaikan. Kenaikan nilai itu disebabkan karena guru menggunakan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karateristik siswa yang sesuai dengan karateristik siswa, dan berfokus pada model pembelajaran PJBL yang sangat terlihat kemajuannya. Hasil pada siklus 1 juga menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebanyak 23 orang. Kemudian siklus 2 ada peningkatan hasil belajar, terbukti dengan tidak ada satupun siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan dan memotivasi belajar siswa kelas 5 SD Nurhasanah Garu 1 Medan. 

Full Text:

PDF

References


Aflah, Y.F. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 7(2), 57–69.

Ahida Suci, S.H & Rosyidah. (2022). Learning from Picture and Picture Action Research: Enchanment of Counting Ability on Division of Numbers for Primary School Students. Jurnal of Physics: Conference Series, 114(1), https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012044

Anggraini. (2022). Eksperimentasi Model Take And Give Berbantuan Media Flashcard Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar. 126–137. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/189%0Ahttps://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/download/189/198

Hidayat. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas dan Hasil belajar siswa kelas 5 SD dengan menggunakan chip bilangan. 33(1), 1–12.

Ketut Suardika, Heni, L. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 5(1), 10–20.

Lubis, M.S (2021). Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Frontiers in Neuroscience 14(1), 1–13.

Silvia. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. 04(01), 37–48.

Surya. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1),41–54.

Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa terhadap Hhasil Belajar Matematika. 14, 192–207.

Saputro, B. C. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya dengan Metode

Inkuiri pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumogawe 04. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Sarini, N. K., Sudana, D. N., & Riastini, P. N. (2018). Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486

Siagian, G. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasa pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Sulthon (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MADRASAH Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary 4.(2)

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif - 18 -. V(1), 18–27.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Hasil Belajar Tematik Muatan IPA melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. 3(1), 16–20.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i2.16092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: