EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERMUATAN CONTENT LOCAL GENIUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA

K. Sri Kusuma Wardani, N.W.S Darmayanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius untuk meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dengan tes awal dan tes akhir yang dianalisis menggunakan teknik gain skor. Nilai gain skor yang diperoleh adalah 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius dapat meningkatkan pemahaman konsep sains siswa kelas IV SD Negeri 34 Cakranegara materi Bunyi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of Jigsaw II types of cooperative learning containing local genius content to improve students' understanding of science concepts. The design of this study was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The sampling technique is purposive sampling. The instrument in this study was a multiple-choice test. Data collection techniques with the initial test and final test were analyzed using the gain score technique. The value of the obtained score is 0.75 with a high category. The results showed that cooperative learning type jigsaw II containing local genius content can improve the understanding of science concepts of fourth-grade students at SD Negeri 34 Cakranegara Sound material for Academic Year 2019/2020.

Keywords


pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II, content local genius, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. L. 2001. A taxonomi for learning, teaching, and assessing:A revision of bloom’s taxonomi of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Candiasa, I M. 2010. Statistik multivariat disertai aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Fini, A. A. S., Zainalipour, H., & Jamri, M. 2012. An investigation into the effect of cooperative learning with focus on jigsaw technique on the academic achievement of 2nd-grade middle school students. Journal of Life Science and Biomedicine, 2(2): 21-24.

Hake, R. R. 1999. Analyzing change gain score. Tersedia pada http://www.phisics.indiana.Edu/-sd i/Analyzing Change-Gain Pdf

Maden, S. 2011. Effect of jigsaw I technique on achievement in written expression skill. Educational Sciences: Theory & Practice, 11(2), pp. 911-917.

Meliono, I. 2011. Understanding the nusantara thought and local wisdom as an aspect of the Indonesian education. International Journal for Historical Studies. 2(2): 221-234.

Rachmawati, D. O., Mariawan, I M., & Suma, K. 2009. Pengembangan bahan ajar sains smp beroirentasi budaya lokal masyarakat bali. Laporan Hibah Kompetitif sesuai Prioritas Nasional Batch II (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha Singaraja.

Sahin, A. 2010. Effects of jigsaw II technique on academic achievement and attitudes to written expression course. Educational Research and Reviews, 5(12): 777-787.

Siyar, K. 2011. The role of indigenous knowledge for sustainable development. Journal of American Science. 7(5): 237-241.

Suastra, I W. 2009. Pembelajaran sains terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suastra, I W., Tika, K., & Kariasa, N. 2010. Pengembangan model pembelajaran sains berbasis budaya untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di smp. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi (tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian Undiksha.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. 2009. Kajian kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Wardani, K.S.K. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inquiry Laboratorium Bermuatan Content Local Genius untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, ISBN 978-602-6428-00-4.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: