PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR SERI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis karangan dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan siswa dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan pengamatan pra penelitian, sebagian besar siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat yang menganggap bahwa pelajaran menulis karangan sangat membosankan karena penyajiannya kurang menarik dan tidak bervariasi. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, penggunaan model serta media pembelajaran yang cocok untuk siswa. Melalui penerapan penggunaan media gambar seri yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan memudahkan siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menuangkan ide dan imajinasinya dalam tulisan sesuai dengan gambar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat melalui penggunaan media gambar seri yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.
Abstract: This research is motivated by the low interest of students in learning to write essays in Indonesian language content which is an obstacle to achieving student success in these lessons. Based on pre-research observations, most of the fourth grade students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari Subdistrict, West Lombok Regency considered the writing essay to be very boring because the presentation was less interesting and not varied. This is closely related to the way the teacher applies the material, the use of models and learning media that are suitable for students. Through the application of the use of series drawing media combined with the STAD type cooperative learning model will make it easier for students to improve their writing skills by writing ideas and imagination in writing according to the drawings. The purpose of this research is to improve essay writing skills in grade IV students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari District, West Lombok Regency through the use of series image media combined with STAD type cooperative learning models. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were 29 grade students of SD Sari 2 Taman Sari in 2018/2019 Academic Year with 29 students. The results showed that the use of series image media through the STAD type cooperative learning model could improve essay writing skills in fourth grade students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari District, West Lombok RegencyKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT Rafika Aditama: Bandung.
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia.
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muslich, Masnur. 2009. Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah Classroom Action Research . Jakarta: Bumi Aksara.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Saadah, Miftah. 2009. Pemanfaatan Media Gambar dalam Meningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Curup Tengah. Tesis Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu.
Semi, M Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Slavin, R. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning TEORI & APLIKASI PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: