PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TEMA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN

Nursina Sari, Nani Suarni

Abstract


Konsep materi pembagian dan perkalian pecahan dalam pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh peserta didik kelas IV di SDN 3 Batu Kumbung. Hal ini terukur dari rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik yaitu rata-rata di bawah KKM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui variasi model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 3 Batu Kumbung  dengan tema pembagian dan perkalian pecahan melalui dua tahap siklus. Adapun data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik di tinjau dari hasil rerata N-Gain skor pada setiap siklus yaitu I dan II sebesar 0,299 dan  0,566. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori rendah menjadi kategori sedang Adapun keterlaksanaan model cooperative learning tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari tahapan-tahapan pembelajaran dari siklus I dan siklus II yang terlaksana dengan baik menjadi sangat baik yaitu sebesar 87,0 % dan  97,22%

Keywords


embelajaran Kooperatif, NHT, Kognitif

Full Text:

XML

References


Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas RI

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rosana, Dadan. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Prod. IPA: FMIPA, UNY

Sari, Nursina. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kogniitif IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ Vol 3, No. 1 April 2018; Hal. 37)

Sari, Nursina. (2012). Peningkatan Keterampilan Kooperatif dan Kemampuan Kognitif Melaui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa SMP N 2 Moyudan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Slavin, E. Robert. (2009). Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik. (Ahli bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: