PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG

Arif Rahman Hakim, Safrudin Jauhari, Nita Sugawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase hasil observasi pada kriteria sangat tinggi yaitu 95% pada kelas ekperimen dan 53% pada kelas kontrol. Hasil tes analisis uji-t-varians diperoleh thitung (3,080)> ttabel (2,000), yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarikan siswa. Sehingga   dapat   disimpulkan   bahwa   ada   pengaruh   yang   signifikan   pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 Selong

Keywords


Satra anak, Intelektual bahasa

Full Text:

PDF

References


Ampera, Taufik. (2010). Pengajaran Sastra Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas, Bandung: Widya Padjajaran.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. Yogyakarta: Renika Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: