PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG
Arif Rahman Hakim, Safrudin Jauhari, Nita Sugawa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase hasil observasi pada kriteria sangat tinggi yaitu 95% pada kelas ekperimen dan 53% pada kelas kontrol. Hasil tes analisis uji-t-varians diperoleh thitung (3,080)> ttabel (2,000), yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarikan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 Selong
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar e-ISSN 2614-5596 Email: [email protected] Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram