KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH DASAR BERORIENTASIKAN LINGKUNGAN SEKITAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, L. K. & Amri, S. 2011. paikem gembrot: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, Dan Berbobot. Jakarta: Hasil Pustaka.
Aly, A., & Rahma, E. 2001. Ilmu Alamiah Dasar.Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, S. 2012. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: Grasindo.
Asmaningrum, H.P., Koirudin, I., & Kamariah. “Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Etnokimia Untuk Mahasiswa”. Jurnal Tadris Kimiya. Vol.3 , No 2, Hal 125-134, December 2018.
Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Penggukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chan, F., & Budiono, H.” Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol.4 , No 2, Hal 166-175, December 2019.
Dahar, R W. & Liliasari. 1986. Interaksi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Erlangga.
Darmayanti, N.W.S., & Haifaturramah. “Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Ipa Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar” . Jurnal Orbita. Vol 5 ,No 1, Hal 45-47, Mei 2019.
Darmayanti, N,W.S., & Budi Wijaya, I.K.W. 2020. Evaluasi Pembelajaran IPA. Badung: Nilacakra.
Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Karamustafaoglu, S. “Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams”. Eurasian J. Phys. Chem. Educ., Vol 3, No 1, 2011.
Koyan, I.W. 2011. Assesmen Dalam Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lepiyanto, A. “Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Praktikum”. Bioedukasi, Vol 5, No 2, 2014.
Mulyasa. 2007.Manajemen Berbasis Sekolah.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novita, E. “Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar”. Journal Evaluation in Education (JEE). Vol 1, No 1, Hal 34-41. Januari 2020.
Nur, M. 1998 Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya: SIC Surabaya.
Prastowo, A.2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta Diva Press.
Rahayu, A. H. & Anggraeni, P. “Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang”. JURNAL PESONA DASAR. Vol 5, No 2., Hal 22-33, Oktober 2017.
Rustaman, Y. N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UN PRESS.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sulistiyani, A.,Rosidin, U.,& Maulina. “Deskripsi Kemampuan Guru IPA Di SMP Negeri Bandar Lampung Dalam Mengelola Laboratorium”. Junal Boiterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, vol 3, No 4, 2015.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: