KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH DASAR BERORIENTASIKAN LINGKUNGAN SEKITAR

N.W.S Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum yang dikembangkan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik terkait kelayakan dari panduan praktikum. Ahli materi dan ahli media berjumlah masing-masing 2 orang dari dosen pendidikan IPA dan pendidik masing-masing berjumlah 2 orang dari guru SD. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah berupa angket yang dianalisis dengan skala likert. Total skor hasil penilaian dari ahli dan pendidik dikonversi menjadi data kualitatif dengan skala lima, yaitu amat baik (A), baik (B), cukup baik (C), kurang baik (D), dan kurang baik sekali (E). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar berkualifikasi baik (B) dari penilaian oleh ahli dan pendidik. Berarti panduan praktikum tersebut telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran praktikum.

Keywords


Panduan praktikum IPA SD,Berorientasi lingkungan sekitar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, L. K. & Amri, S. 2011. paikem gembrot: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, Dan Berbobot. Jakarta: Hasil Pustaka.

Aly, A., & Rahma, E. 2001. Ilmu Alamiah Dasar.Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, S. 2012. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: Grasindo.

Asmaningrum, H.P., Koirudin, I., & Kamariah. “Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Etnokimia Untuk Mahasiswa”. Jurnal Tadris Kimiya. Vol.3 , No 2, Hal 125-134, December 2018.

Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Penggukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Chan, F., & Budiono, H.” Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol.4 , No 2, Hal 166-175, December 2019.

Dahar, R W. & Liliasari. 1986. Interaksi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Erlangga.

Darmayanti, N.W.S., & Haifaturramah. “Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Ipa Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar” . Jurnal Orbita. Vol 5 ,No 1, Hal 45-47, Mei 2019.

Darmayanti, N,W.S., & Budi Wijaya, I.K.W. 2020. Evaluasi Pembelajaran IPA. Badung: Nilacakra.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Karamustafaoglu, S. “Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams”. Eurasian J. Phys. Chem. Educ., Vol 3, No 1, 2011.

Koyan, I.W. 2011. Assesmen Dalam Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lepiyanto, A. “Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Praktikum”. Bioedukasi, Vol 5, No 2, 2014.

Mulyasa. 2007.Manajemen Berbasis Sekolah.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novita, E. “Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar”. Journal Evaluation in Education (JEE). Vol 1, No 1, Hal 34-41. Januari 2020.

Nur, M. 1998 Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya: SIC Surabaya.

Prastowo, A.2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta Diva Press.

Rahayu, A. H. & Anggraeni, P. “Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang”. JURNAL PESONA DASAR. Vol 5, No 2., Hal 22-33, Oktober 2017.

Rustaman, Y. N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UN PRESS.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sulistiyani, A.,Rosidin, U.,& Maulina. “Deskripsi Kemampuan Guru IPA Di SMP Negeri Bandar Lampung Dalam Mengelola Laboratorium”. Junal Boiterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, vol 3, No 4, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: