MEMAHAMI TIGA PILAR PEMBELAJARAN: GURU, SISWA, DAN MATERI

Dellisa Ahyani, Elvara Salsabilla Chaisa, Fadilah .

Abstract


Abstrak: Pembelajaran yang efektif adalah hasil dari efek sinergis dari tiga pilar utama:guru, siswa, dan materi belajar Guru bertindak sebagai mediator yang memimpin proses pembelajaran Siswa sebagai mata pelajaran aktif yang terlibat dalam pembelajaran Bahan yang digunakan sebagai media yang menghubungkan keduanya Dalam konteks kurikulum independen, ketiga pilar ini telah mengalami transformasi besar Guru harus lebih mudah beradaptasi dan kreatif untuk memberikan materi yang relevan dengan kebutuhan siswa Siswa didorong untuk menjadi lebih mandiri dan lebih kritis dalam proses pembelajaran Bahan studi ditempatkan dalam pendekatan yang lebih fleksibel dan fokus pada pengembangan keterampilan penting Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran dan interaksi tiga pilar dalam menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa yang bermakna Sebuah studi literatur baru -baru ini menemukan bahwa keberhasilan belajar sangat bergantung pada kolaborasi yang harmonis antara guru, siswa dan konteks.

Abstract:  Effective learning is the result of the synergistic effect of three main pillars: teachers, students, and learning materials. Teachers act as mediators who guide the learning process; students serve as active participants engaged in learning; and materials function as the medium that connects both. In the context of the Independent Curriculum, these three pillars have undergone significant transformations. Teachers are required to be more adaptive and creative in delivering materials that are relevant to students’ needs. Students are encouraged to be more independent and critical in their learning process. Learning materials are developed using a more flexible approach and focus on the development of essential skills. This article aims to analyze the roles and interactions of these three pillars in creating a meaningful, student-centered learning process. Recent literature studies indicate that learning success largely depends on the harmonious collaboration between teachers, students, and contextualized materials.

 


Keywords


Guru, Siswa, Bahan Studi, Kurikulum Gratis, Pembelajaran yang Berpusat pada Sekolah

Full Text:

PDF

References


Kemendikbudristek. (2021). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia..

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023, Januari 28). Kurikulum Merdeka, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/01/kurikulum-merdeka-meningkatkan-kualitas-pembelajaran-siswa

Mesra, R., Tuerah, P. R., & Hidayat, M. F. (2023). Strategi Guru dalam Menjelaskan Materi guna Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Siswa di SD Inpres Taratara 1. IDEAS: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 9(3), 723–730. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1414

Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350-350. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767

Nurhayati, N., Khairunnisa, S., Tarigan, S., & Lubis, M. (2025). Implementasi dan Tantangan Kurikulum Merdeka di SMA: Strategi Pengajaran Berpusat pada Siswa untuk Pembelajaran yang Lebih Fleksibel dan Kreatif. Jurnal Pendidikan, 13(1), 69–79. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikan2/article/view/155

Pratiwi, A., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 981-997. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2043

Pratomo, D. (2024). Peran Siswa dalam Proses Belajar: Membangun Potensi Melalui Keseruan dan Kolaborasi.

Rachmadtullah, R., Tristiany, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh blended learning dan problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Interaktif, 14(14), 95–104.

Suyono dan Hariyanto. 2017. "Belajar dan Pembelajaran". Bandung.PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Keterampilan Abad 21: Pembelajaran untuk Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zamili, U. (2020). Peranan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Pionir, 6, 311– 318. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1297


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: