Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Bali pada Materi Tumbuhan di Kelas IV SD Negeri 1 Pengotan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang Pada Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053
Darmayanti, N. W. S., Sadia, W., Studi, P., Sains, P., Sarjana, P. P., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman e-Journal Program Pasca. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Sains, 3(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/553
Dewi, I. A., Suardana, I. P. O., & Numertayasa, I. W. (2021). Dengan Memanfaatkan Cerita Folklor Bali. 4(1), 53–59.
Ernawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Elementary, 6(1), 90. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12923
Giri, I. P. A. A., Ardini, N. L., & Kertiani, N. W. (2021). Tri_Hita_Karana_sebagai_Landasan_Filosofis_Pendidi (2). Filsafat, 12(2), 149–158.
Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 548–555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829
Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75334
Hendracipta, N., Aini, N. A., & Syachruroji, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.010.07
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/dharmasmrti/article/view/3398
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Kurniawati, W., Sungkari, F. M., Utami, A. F., & Adini, A. R. (2023). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (A. F. Utami (ed.); Pertama). IB Press. https://repository.upy.ac.id/9784/1/pembelajaran-IPA-di-SD.pdf
Lase, N. K., Pd, M., Zai, N., & Pd, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. 3(2), 99–113.
Lestari, S. W., Subhan, M., & Pratama, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Ipa Berbasis Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 2021. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Pradnyana, B., & Rahayu, N. W. P. (2023). Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Sd No 3 Belok Tahun 2022. Jurnal Elementary, 6(1), 55. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13259
Rahman, Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. 6, 276–287.
Torang Siregar. (2023). Stages of Research and Development Model Research and Development (R&D). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(4), 142–158. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i4.48
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, 189–204.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v8i2.31573
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: