PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KELAS IV SDN 14 KOTA TERNATE

Rahmat Muhdar, Muti Umanahu, Farida Ahmad

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini siswa dalam hal memahami masalah pecahan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 14 Kota Ternate. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2020 dan siklus II pada tanggal 24 Maret 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pecahan menggunakan matematika Realsitik berbasis Etnomatematika siswa menigkat pada setiap siklus. Ini ditunjukkan padahasil tes siswa siklus I adalah 72% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai  adalah 2 siswa. Karena nilai rata-rata siswa maka, pembelajaran belum tercapai. Olehnya itu pada tindakan Pada siklus ke II nilai hasil tes siklus II adalah 97% dan jumlah siswa yang memperoleh nilai adalah 15 siswa. Sehingga pada siklus ke II pembelajaran tercapai karena telah sesuai dengan indikator keberhasilan.

AbstractThe problem in this study is students in terms of understanding fractional problems. The purpose of this research is to improve understanding of fractions. This type of research is a class action research conducted in two cycles. Research at SDN 14 Ternate. Cycle I was held on February 3, 2020 and cycle II on March 24, 2020. Data collection using observation sheet instruments, tests. The results showed that the understanding of fractional concepts using realistic mathematics based on Ethnomatematic students continued on each cycle. This is shown in the results of the test students cycle I is 72% of the number of students who ≥65 is 2 students. Because the average student's grades ≤65, learning has not been achieved. Therefore on the action In the second cycle the value of the test results of cycle II is 97% and the number of students who obtain a score of ≥65 is 15 students. So that in the second cycle of learning is achieved because it is in accordance with the indicators of success.

Keywords


Pembelajaran Matematika, Realistik, Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Andri Anugrahana (2010), Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Yogyakarta: Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunandar (2017) . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.jakarta : Rajawali Pers Kunandar (2017). Langkah Mud

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Putri, finola M. (2013). Pengaruh Pembelajaranmatematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaranmatematis Siswasmp. Edumatica Volume, 3(1), 19–26.

Rachmawati, Inda. 2012. Eksplorasi Etnomatematika MasyarakatSidoarjo.http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/249/baca- artikel. [diakses: 11/10/2017]

Richardo, R. (2016). Peran Etnhomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal

Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekola Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2),115–134.

Sugiyono.2009 Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: CV Alfa Beta

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14.

Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14.

Wahyuni, A., dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 9 November 2013.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: