PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Ikhlas Wardhana Putra, Mai Sri Lena

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan pendeskripsian terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang dengan menerapkan suatu model cooperative learning tipe course review horay didalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini menerapkan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Kualitatif dan kuantitatif merupakan jenis pendekatan dan analisis data yang digunakan. Guru serta siswa di kelas IV yang berjumlah 30 orang adalah subjeknya. Perolehan hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa : (1) RPP mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase skor 81,25% dengan kriterianya baik(B) menjadi 97,5% dengan kriteria sangat baik(A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui aspek yang terlihat pada guru mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase skor 83,65% dengan kriterianya baik(B) menjadi 96,15% dengan kriteria sangat baik(A) pada siklus ke-II. Sedangkan aspek yang terlihat pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase skor 81,72% dengan kriterianya baik(B) menjadi 94,23% dengan kriterianya sangat baik(A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Penilaian Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase nilai 72,74% dengan kriterianya baik(B) menjadi 89,03% dengan kriterianya sangat baik(A) pada siklus ke-II.

Keywords


Cooperative Learning Course Review Horay, Tematik Terpadu, Hasil Belajar

References


Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, M. S. (2013). Model Edu Taiment. Jogjakarta: Diva Press.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Raja Wali Pers.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pres.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap dan pengetahuan. Primay : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2)., 389-396.

Lena, M. S., Maulidia, A., Miranda, G. Y., Hastuti , H. Z., & Rhamadhani , I. (2020). Keinginan Belajar Matematika Siswa dengan Nilai Matematika Siswa Kelas IV SDN 16 Parabek Bangkaweh. Jurnal Pendidikan, 8(1)., 59-65.

Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). IbM Active Learning Guru SD dan Pelatihan Penilaian Autentik. Prodi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

Mulyasa, E. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Musham, J., & Letasado, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GAYA BAGI SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 53-57.

Refaldo, & Lena, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik dengan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division di SD. E-journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 1-10.

Samara, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. . Katalogis, 4(7).

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: