MODEL WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN IPA KONSEP ORGAN PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD

Ummu Fajariah Akbari, Ummu Aiman, Rizqy Amelia Ramdhaniyah Ahmad

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang dbelajarkan dengan model model pembelajaran word square berbantuan media gambar dan kelas yang pembelajarannya menerapkan metode konvensional pada materi konsep organ pernapasan manusia kelas V SD Inpres Oeba 2 Kota Kupang. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment)dengan menggunakan rancangan post-test only control group design. Dengan jumlah populasi 46 peserta didik. Nilai posttest dianalis menggunakan uji-T. Hasil diperoleh bahwa thitung = 7,150 dan ttabel = 2.021 taraf 5%. Berati thitung > ttabel, maka adanya perbedaan antara peserta didik yang diajarkan dengan model word square dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvesional. Rerata hasil post-test, berada pada posisi sangat tinggi dengan nilai Mean 68,48 kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol di kategori sedang dimana hasilnya Mean 61,74. Disimpulkan model pembelajaran word square berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar peserta didik materi organ pernapasan manusia kelas V SD Inpres Oeba 2 kota kupang tahun ajaran 2019/2020

Keywords


Word Squere, Media Gambar, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


AA Ngurah Agung, S., Pt Nanci, R., & I Gst, N. J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Semester Genap. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

Arifin, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 22–30.

Fenny Tanalinal, K., & Abdul Syahril, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Terhadap Keterampilan Menulis Deskrisi Tema Bumi Dan Alam Semesta Siswa Kelas Iii SDIT At-Taqwa Surabaya. 1(2). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.295

Ferdinandus, T., Dek Ngurah, L. L., & Ermelinda, Y. A. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Berbantuan Lks Budaya Lokal Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 126–135.

Hartatik, S., & Nafiah, N. (n.d.). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1).

I Kayan, G. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VC SD Widiatmika Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 118–125.

Ummu, A., Sunimbar, S., & Uslan, U. (2020). The Improvement of Science Learning Outcomes of Primary School Students Through the Model of POGIL-Supplemented With the Student Worksheet. Atlantis Press, 1(1), 181–188.

Winda, L., Muhammad, S., Dini, R., & Sukirno, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” di SD Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 45–56.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: