Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah

N.W. S. Darmayanti, I.K. M. Wisnu Budi Wijaya, Haifaturrahmah Haifaturrahmah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa SD bidang studi IPA di tengah pandemi covid-19 dengan pembelajaran daring melalui praktikum berorientasikan lingkungan sekitar rumah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif, di mana kelas V SD Negeri 1 Tampaksiring sebagai subyek penelitian. Data motivasi belajar IPA siswa dikumpulkan dengan teknik non-tes menggunakan angket ssebanyak 30 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan gradulasi penilaian, yaitu sangat baik (5), baik (4), kurang baik (3), tidak baik (2) dan sangat tidak baik (1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa SD pada bidang studi IPA secara keseluruhan berkreteria cukup baik. Dari 30 orang siswa SD kelas V, 8 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria baik dengan persentase 27% dan 22 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria cukup baik dengan persentase 73%.

Keywords


Praktikum, Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah, Motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Aminullah, A. (2017). Hubungan Antara Keterlaksanaan Praktikum IPA dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. Pascasarjana.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238.

Darmayanti, N W S, & Zulkarnain, Z. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Mekanika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 8(1), 36–40.

Darmayanti, Ni Wayan Sri, & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu Berpendekatan Saintifik dengan Berorientasi pada Lingkungan Sekitar:(Untuk SMP/MTs). Nilacakra.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar: Cetakan Pertama. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.

Haifaturrahmah, H., & Nizaar, M. (2017). Pemanfataan Botol Plastik Bekas sebagai Media Tanam Hidroponik dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar terhadap Lingkungan Sekitar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 10–16.

Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44–48.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.

Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Nisa. U.M. (2017). Meode Praktikum untuk Meningkatkan pemahaman Dan Hasi Belajar Siswa Kelas V MI YPII 1945 Babat pada Materi Zat Tunggak dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, Vol 14, No 1, h, 62-68, 2017.

Nizaar, M. (2020). Wastepreneurship: A Model in Improving Students’ Confidence and Creativity. European Journal of Educational Research, 9(4), 1473–1482.

Nurbaeti, R. U., & Sunarsih, D. (2020). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Elementaria Edukasia, 3(1).

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM press.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.

Siregar, P. S. (2018). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Deepublish.

Siwi, D. A., Sari, N. K., & Prasetya, K. (2016). Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 6(02).

Sukma, E. S. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wonoyoso. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 113–119.

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: