ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA TV BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SDN JATI 05 KOTA TANGERANG

Muflihatun Nufus, Nur Latifah, M Azdi Dahlan

Abstract


Abstrak: Media audio Visual TV merupakan alat elektronik yang berguna untuk menyampaikan pesan khususnya pesan pembelajaran di sertai unsur gerak, gambar dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran TV berbasis daring pada pembelajaran tematik SD Negri Jati 05 Kota Tangerang pada kelas tinggi IV dan V tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini di ambil melalui angket google form kepada guru kelas dan siswa. Partisipan di ambil dari guru sebanyak 2 orang yaitu guru wali kelas IV dan V  serta siswa kelas IV dan V menggunakan essay untuk guru dan pilihan ganda untuk siswa yang di kembangkan oleh indikator media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penlitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini di dasari oleh rumusan masalah Analisis Pemanfaatan Media TV yang di lakukan secara daring pada Pembelajaran Tematik, penelitian ini di lakukan oleh narasumber merujukan tiga hal penting yang harus di persiapkan yaitu: Perncanaaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Evaluasi Pembelajran. Kemudian data di analisis sehingga dapat memperoleh kesimpulan berdasarkan penelitian.

Abstract :  Audio Visual TV media is an electronic tool that is useful for conveying messages, especially learning messages accompanied by elements of motion, images and sound. This study aims to determine the use of online-based TV learning media in thematic learning at SD Negeri Jati 05 Tangerang City in high grades IV and V in the 2020/2021 academic year. The sample of this research was taken through a google form questionnaire to class teachers and students. Participants were taken from the teacher as many as 2 people, namely the homeroom teacher for grades IV and V and grades IV and V students using essays for teachers and multiple choice for students which were developed by learning media indicators. This type of research is descriptive qualitative research. The results of this study are based on the problem formulation of TV Media Utilization Analysis which is carried out online in Thematic Learning, this research was carried out by resource persons referring to three important things that must be prepared, namely: Learning Planning, Learning Process, Learning Evaluation. Then the data is analyzed so that conclusions can be obtained based on the research.


Full Text:

PDF

References


Bangsawan, B., Rijal, A., & Rozi, Z. F. (2020). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V Sd Negeri 61 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 133–141.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 191.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Belajar dari Rumah. (2020).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam kondisi Khusus. (2020).

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02 NO. 2(Pendidikan), 127–144.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif, R&D.

Suhery, Putra, Trimardi, J., & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Clasroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran.

Widiyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring Lurring, BdR.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: