Implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel
H Muhyi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengamati dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian ini adalah menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah di SDN 04 Aikmel, yaitu: (a) orientasi siswa pada masalah,(b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) membimbing pengalaman individu/kelompok, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil diskusi, dan (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun saran peneliti terhadap guru adalah agar lebih memperluas cakupan dan mengembangkan materi ajar.
Keywords
Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran tematik terpadu, Kurikulum 2013
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ibrahim, M. dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar e-ISSN 2614-5596 Email: [email protected] Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram