PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPS

Arif Rahman Hakim, Zalia Muspita, Yuniar Lestarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV di SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group ptetest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 20 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,8745>0,1734) hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Keywords


Pembelajaran Probing Promting, Motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar Sa’dun. (2013). Intrumen Prangkat Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Ami Septina Lestari, Mijahamuddin Alwi, Arif Rahman Hakim. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Base Learning (PBL) Berbantuan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Masbagik Utara. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 1, Hal 1-6.

Arif Rahman Hakim, Saprudin Jauhari, Nita Sugawa. (2020). Pengaruh Bacaan Sastra Anak Terhadap Perkembangan Intelektual Bahasa siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 2, Hal 87-91.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada media Group.

Viola, V.,N., & Kriswandani. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dariself Efficacy. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Volume 8, Nomor 2, hal. 189-196.

Wahab. (2012) Metode Dan Model-Model Mengajar, Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: