PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 TELOGOTUWUNG BLORA

Tri Wardati Khusniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN 1 Telogotuwung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 16 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Kelas eksperimen terdiri dari 8 siswa dengan pembelajaran laboratorium virtual dan kelas kontrol terdiri dari 8 siswa dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai 71,25.

Keywords


laboratorium virtual; hasil belajar; pemanfaatan

Full Text:

PDF

References


T. Triwiyanto, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

S. Sutrisno, Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.

R. Setiadi and A. A. Muflika, “EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA,” JPMIPA, vol. 17, no. 2, p. 258, Jan. 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v17i2.270.

I. Nurrokhmah and W. Sunarto, “PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABS BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA,” Chemistry in Education, vol. 2, no. 1, pp. 200–207.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabbeta, 2008.

P. Jagodziński and R. Wolski, “THE EXAMINATION OF THE IMPACT ON STUDENTS’ USE OF GESTURES WHILE WORKING IN A VIRTUAL CHEMICAL LABORATORY FOR THEIR COGNITIVE ABILITIES,” PEC, vol. 61, no. 1, pp. 46–57, Oct. 2014, doi: 10.33225/pec/14.61.46.

H. Hermansyah, G. Gunawan, and A. Harjono, “PENGARUH PENGGUNAAN LABORATOIUM VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR PESERTA DIDIK,” JPFT, vol. 3, no. 2, p. 249, Dec. 2017, doi: 10.29303/jpft.v3i2.420.

E. Sumargo and L. Yuanita, “PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG,” Unesa Journal of Chemical Education, vol. 3, no. 1, pp. 119–133.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: