PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Wawan Syahiril Anwar

Abstract


Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Pendekatan yang diambil adalah pendekatan kausal di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kota Bogor  yang terdiri dari 88 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh kemampuan membaca pemaaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien (rxy) sebesar 0,90 dengan koefisien determinasi sebesar 81%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = -25,45 + 0,89(X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021.


Keywords


Kemampuan Membaca Pemahaman; Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Full Text:

PDF

References


Arya, O. (2013). Matematika Otak Kanan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Audzar. (2013) Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dengan kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika. Jurnal Bahas. Vol 8. Nomor 1. Hal 34.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Grafindo Prasaja.

Endang S. W, & Harmini. (2012) Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursalin, dkk. (2017). Kemampuan Siswa dakam Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. 2.

Raharjo, D. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Rahim, F. (2019). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosselina. (2018). Pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika.2(2).

Rudyanto, H. E. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.34

Somadoyo, & Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pengajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tampubolon, D. (2015). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2014). Pengajaran Kosakata. Bandung: CV. Angkasa

Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar 2(2), 15–23.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.

Winarni, E. S. (2011). Matematika Untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: