DESKRIPSI KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PONTIANAK KOTA

Nelsi Arisandi, Siti Halidjah, Suparjan Suparjan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan dalam penulisan karangan yang dilakukan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Data dalam penelitian ini diambil dari karangan siswa yang berjumlah 21 yang kemudian  diidentifikasi dengan menerapkan metode baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah instrumen manusia, yaitu peneliti bertindak sebagai instrumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman (2004). Temuan menunjukkan bahwa siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota telah melakukan beberapa kesalahan dalam penulisan karangan mereka dalam hal penggunaan huruf kapital, ejaan dan tanda baca. Singkatnya, 427 (73,75%) kesalahan penggunaan huruf kapital, 60 (10,36%) kesalahan ejaan kata, dan 92 (15,89%) kesalahan tanda baca telah ditemukan dalam karangan siswa.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.7874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: